Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazoola Diharapkan Dongkrak Wisata Lamongan

Kompas.com - 30/05/2008, 17:48 WIB

LAMONGAN, JUMAT - Obyek wisata Maharani Zoo and Goa Lamongan (Mazola) yang memiliki 11 wahana diharapkan semakin mendongkrak sektor pariwisata Lamongan. Mazoola menempati areal seluas 2,7 hektar di kawasan goa Maharani dengan konsep hiburan dan pendidikan .

Mazoola dikemas dalam bentuk wisata goa dan kebun binatang dengan mempertahankan keeksotisan batuan alam goa Maharani yang dipercantik dengan koleksi 300 binatang dari 11 spesies di seluruh dunia. Koleksi binatangnya sebagian besar didatangkan dari Amerika Selatan dan Afrika diharapkan menarik pengunjung.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Kabupaten Lamongan, Aries Wibawa, Jumat (30/5), mengemukakan masa soft opening pengunjung mendapatkan potongan harga 50 persen untuk tiket masuk. Pada hari Senin-Kamis tiket dijual Rp 15.000, saat ini pengunjung sudah bisa mendapatkannya dengan Rp 7.500. Pada Jumat-Minggu, pengunjung cukup menebus tiketnya dengan harga Rp 10.000 dari harga normal Rp 20.000.

Pengunjung bisa menikmati Diorama Musium Binatang untuk melihat berbagai binatang yang telah punah dalam kondisi diawetkan dalam sebuah ruangan yang sejuk. Goa Maharani tetap dipertahankan kekesotisannya. Pengunjung tetap bisa menikmati keindahan stalagtit dan stalagmit di Goa Maharani.

"Untuk menambah daya tarik, seusai keluar dari mulut goa, pengunjung bisa menikmati wahana Geological berisi koleksi bebatuan eksotis dari berbagai penjuru dunia. Obyek wisata ini telah melalui studi banding ke Singapura," kata Aries.

Obyek wisata ini bisa sebagai alternatif bagi masyarakat yang ingin refreshing dengan menikmati beraneka binatang koleksi Maharani Zoo. Binatang tersebut menempati 81 kandang diantaranya tupai albino, dan phyton albino, dan hewan albino lainnya seperti ul ar putih, burung merak putih dan landak putih yang ditempatkan di Puri Albino.

Mazzola diresmikan Rabu (29/5) lalu dilengkapi fasilitas penunjang yang tidak akan membuat pengunjung bosan seperti animal show, kandang primate dan science centre. Bupati Lamongan, Masfuk berharap Mazoola dapat meningkatkan kunjungan wisata di Lamongan. Selama 2007 ada sekitar 1,8 juta wisatawan yang berkunjung ke berbagai obyek wisata Lamongan termasuk Wisata Bahari Lamongan (WBL), Goa Maharani, Kompleks Sunan Drajat dan Waduk Gondang.

Dia percaya keberadaan Mazoola akan menjadi tujuan bagi masyarakat yang ingin sedikit berekreasi. Mazoola merupakan ekspansi ketiga setelah WBL dan Tanjung Kodok Beach and Resort. Bahkan antara WBL dan Mazoola telah dibangun jembatan penghubung yang dilen gkapi elevator. "Saya optimis kunjungan wisatawan ke Lamongan akan semakin meningkat dengan adanya Mazoola," kata Masfuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com