Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkelana ke Negeri-negeri Stan (87)

Kompas.com - 04/07/2008, 07:45 WIB

[Tayang:  Senin - Jumat]


Baju Indah

Saya masih terkesima dengan pemuda dan pemudi Turkmen yang semuanya berbaju rapi, indah, dan penuh pesona. Apakah ini bagian wajib dari sebuah Abad Emas?

Jeyhun adalah seorang mahasiswa teknik mesin di sebuah universitas di Ashgabat. Namanya berarti Sungai Amu Darya, sungai besar yang disebut-sebut sebagai tempat lahirnya peadaban Asia Tengah. Kampung halaman Jeyhun sebenarnya berada di Uzbekistan, di kota kecil Karakul di selatan Bukhara. Tetapi sekarang keluarganya tinggal di kota Turkmenabat, persis di seberang pintu gerbang Uzbekistan.

Mahasiswa yang satu ini berpakaian sangat parlente. Kemejanya putih bersih. Dasinya pun berpadu serasi. Yang bikin mana tahan adalah jas hitamnya yang lembut dan gagah. Celana panjangnya pun hitam mengkilap. Tak lupa sepatu hitamnya yang terus-menerus bercahaya.

Tak tampak seperti orang Turkmen? Masih ada tahia, topi bundar, tipis, mungil berhiaskan noktah-noktah berwarna kuning dan merah teronggok miring menutupi ubun-ubun di puncak kepalanya.

Bukankah berpakaian seperti ini menghabiskan biaya? Harga jas yang berkualitas bagus seperti ini harganya mulai dari 40 dolar sampai 100 dolar. Sangat mahal untuk ukuran mahasiswa.

           "Tidak masalah," kata Jeyhun, seorang mahasiswa dari Turkmenabat yang belajar di Ashgabat, "semua orang jadi kelihatan bagus. Para pelajar di sini sangat cantik dan tampan. Tak ada salahnya berpenampilan menarik."

Turkmenistan, seperti diyakini para warganya, adalah negara yang sudah kaya. Sekarang orang harus mulai memperhatikan penampilan. Tahia adalah identitas bangsa Turkmen, juga tidak salah kalau jadi bagian dari seragam sekolah dan pakaian wajib di kantor.

Dalam Ruhnama, buku bacaan wajib maha karya Sang Turkmenbashi yang Agung, termaktub dengan jelas:

           "Nabi Nuh bersabda: 'pakaian yang bagus meningkatkan penampilan eksternal dan membuat orang jadi kelihatan bagus, maka pilihlah pakaian yang sesuai dengan dirimu!'"

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com