Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahukah Anda Keindahan Pulau Tikus?

Kompas.com - 29/04/2009, 09:53 WIB

BENGKULU, KOMPAS.com - Pulau Tikus di Provinsi Bengkulu tidak sepopuler Pulau Bali atau gili-gili di Lombok. Namun, keindahan alamnya, terutama panorama alam bawah laut, adalah mutiara tersembunyi. Pantainya beralas pasir putih. Pada malam hari penyu sisik dan penyu hijau naik ke darat untuk bertelur.

"Di bawah perairan sekitar Pulau Tikus terdapat panorama alam laut yang indah. Ini sangat cocok bagi wisatawan yang senang menyelam," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Periwisata Provinsi Bengkulu, Edi Nevian di Bengkulu, Selasa (28/4).
     
Selain itu, Pulau Tikus juga sangat cocok dikunjungi oleh para wisatawan yang suka memancing, karena di sekitar pulau terdapat batu-batu karang yang dihuni berbagai jenis ikan.
     
Pulau tikus merupakan pulau karang kecil yang terletak di sebelah barat Kota Bengkulu. Perjalanan menunju obyek wisata itu bisa ditempuh selama 30 menit dari Pantai Tapak Padri Kota Bengkulu dengan menggunakan kapal nelayan.
     
Para nelayan setempat selain menyediakan kapal untuk disewa juga siap menjadi pemandu para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Tikus.
     
Pada masa lalu, Pulau Tikus merupakan tempat kapal-kapal berlabuh untuk berlindung dari hantaman badai ombak laut Samudera Indonesia. Luas pulau tersebut sekitar 60 kali 100 meter. Di pulau tersebut juga terdapat  menara mercusuar.
     
Pulau Tikus merupakan salah satu obyek yang telah diprogramkan untuk dikelola dan dijadikan obyek andalan untuk menarik wisatawan terutama yang senang dengan  panorama dasar laut, selam dan memancing.
     
Di Provinsi Bengkulu, terdapat 80 obyek wisata yang terindentifikasi dan memiliki kekhasan. Dari jumlah itu sebanyak 14 di antaranya merupakan pantai, delapan tirta (air), 22 tempat bersejarah dan 36 panorama alam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com