Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unjuk Rasa Warnai Hardiknas

Kompas.com - 02/05/2009, 12:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Peringatan Hari Pendidikan Nasional, Sabtu (2/5) ini, diwarnai aksi demonstrasi di sejumlah daerah. Di Jakarta sendiri, aksi digelar beberapa kelompok mahasiswa.

Massa Front Perjuangan Pemuda Indonesia, misalnya, sejak menjelang tengah hari menggelar aksi di Bundaran Hotel Indonesia. Sedangkan massa dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Jabodetabek melakukan aksinya dengan berjalan kaki dari Tugu Proklamasi ke Bundaran HI.

Meski hanya berjumlah 11 orang, massa FPPI lantang meneriakkan tuntutannya kepada pemerintah. Salah satunya adalah pencabutan segera Undang-Undang tentang Badan Hukum Pendidikan (UU BHP). Bagi mereka, UU BHP tidak lebih dari komersialisasi pendidikan yang akan membuat masyarakat kelas bawah mengalami kesulitan untuk menyekolahkan anaknya.

Aksi berjalan dengan lancar, beberapa aparat kepolisian hanya terlihat mengamati jalannya aksi dari kejauhan. Aksi hanya berjalan 30 menit, kemudian mereka beranjak menuju Mahkamah Konstitusi dengan berjalan kaki. Dengan teriakan "Revolusi Sampai Mati" mereka berjalan bersemangat di bawah teriknya matahari yang membakar Ibu Kota.

Sekitar pukul 12.30 ini massa BEM baru tiba di Bundaran HI. Sebelumnya mereka berkumpul di Tugu Proklamasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com