Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesona Resor Rumah Jambuluwuk di Ciawi

Kompas.com - 06/05/2009, 15:07 WIB

BOGOR, KOMPAS.com — Resor atau tempat penginapan menjadi salah satu tempat favorit di kala liburan. Tidak heran, bila sejumlah resor di kawasan Bogor dan Bandung berlomba-lomba menawarkan seabrek fasilitas untuk menarik pengunjung.

Selain jaraknya yang cukup dekat dengan Jakarta, resor di kawasan tersebut diminati karena memiliki pemandangan yang masih asri dan hawa yang dingin. Rumah Jambuluwuk, misalnya, menjadi salah satu resor favorit pengunjung untuk liburan keluarga maupun bersama teman.

Buktinya, pengunjung yang datang membanjir hingga rata-rata mencapai 2.000-3.000 pengunjung per tahunnya. Sebagian besar pengunjung datang dari wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. "Pengunjung yang datang sekitar 2.000-3.000 pengunjung setiap tahunnya. Apalagi kalau musim liburan, lebih banyak lagi. Bahkan, pengunjung harus booking tempat dulu jauh-jauh hari agar tidak kehabisan tempat," kata pengelola Rumah Jambuluwuk, Mella Purwanaika, kepada Kompas.com.

Resor ini memiliki pemandangan yang asri dan indah dengan latar belakang Gunung Salak dan Gunung Pangrango. Jaraknya hanya sekitar 1 jam perjalanan bila ditempuh dari pusat Jakarta. Rumah Jambuluwuk menawarkan konsep Nusantara dengan menonjolkan gaya arsitektur tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

Vilanya terbuat dari papan kayu dan ditata apik dengan gaya rumah adat. Temboknya didesain menyerupai batu bata yang bertumpuk sehingga semakin menonjolkan kesan tradisional. Fasilitas komplet ditawarkan oleh resor ini, mulai dari vila full AC, tempat hiburan, aneka permainan, kolam renang, sejumlah lapangan olahraga, seperti basket, badminton atau tenis meja, plaza untuk melakukan kegiatan outdoor seperti barbeque, arena bermain anak, function room, tempat memancing, restoran dan kafe, minimarket, serta akses Wi-Fi.

"Kami juga menawarkan paket meeting atau outing bagi perusahaan. Kami memiliki 3 function room, yakni Rumah Bali, Rumah Minahasa, dan Rumah Sumatera," ujar Mella.

Mela mengakui banyak perusahaan dan sekolah yang memanfaatkan fasilitas ini. Untuk paket meeting tersedia dalam dua paket, yakni paket ekonomis dan paket eksekutif. Untuk paket ekonomis dipatok dengan harga mulai dari Rp 133.000 hingga Rp 205.000 per net per orang. Sedangkan untuk paket eksekutif ditawarkan mulai dari Rp 175.000 hingga Rp 520.000 per net per orang. Lengkapnya fasilitas yang ditawarkan membuat pengunjung betah dan menjadi pelanggan setia.

Vanya, warga Kalimalang, Jakarta Barat, mengaku ketagihan berlibur di resor ini. "Nyaman, adem, dan unik. Tempatnya juga dekat dengan Jakarta. Saya ke sini pertama kali tahun 2007. Waktu itu rekomendasi dari saudara. Sekarang kalau ke sini selalu mengajak teman atau saudara juga," kata Vanya, saat ditemui Kompas.com, di Rumah Jambuluwuk, Sabtu (18/4).

Dibandingkan dengan resor lain, kata Vanya, Rumah Jambuluwuk memiliki fasilitas yang lengkap dan nyaman. "Setiap kali saya ke sini ada saja fasilitas yang bertambah," ujarnya. Resor yang terletak di Jl Raya Tapos Ciawi, Bogor, ini memiliki 20 vila full AC, masing-masing 12 vila dengan 3 kamar tidur dan 8 vila dengan 4 kamar tidur.

Selain itu juga terdapat vila kelas VVIP yang dilengkapi dengan kolam renang pribadi dengan pemandangan Gunung Salak. Vila ini juga memiliki teras yang luas dan dapat digunakan untuk pesta kebun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com