Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajanan dan Menu Buka Puasa

Kompas.com - 29/08/2009, 10:28 WIB

KOMPAS.com - Mau buka puasa dengan enak, santai, murah dengan pilihan menu beragam, tetapi cukup di tepi jalan? Sejumlah pasar kaget atau pasar musiman yang hanya muncul pada bulan puasa di Jakarta dan sekitarnya bisa dijadikan pilihan.

Ragam makanan di pasar kaget sangat banyak. Mulai dari yang segar, pedas, harus dimakan saat itu juga, hingga yang bisa dihangatkan kembali keesokan hari.

Menunya juga bisa dibilang menu Nusantara. Dari mi aceh, pempek palembang, asinan betawi, nasi liwet solo, ikan masak woku manado, hingga es palubutung makassar.

Pasar kaget menjadi jawaban bagi warga Ibu Kota yang sibuk hingga tidak bisa menyiapkan santapan berbuka puasa dan sahur di pagi hari. Dengan uang sedikit, sudah bisa mencicipi aneka hidangan.

Di akhir pekan seperti sekarang, mengunjungi pasar kaget yang ada di Jakarta dan sekitarnya juga menjadi acara yang menyenangkan.

Pasar kaget yang cukup besar dan terletak di tengah Ibu Kota adalah Festival Ramadhan Lapangan Banteng 2009.

Festival yang dibuka pada Jumat (28/8) dan akan berakhir Selasa (15/9) ini sengaja digelar agar warga masyarakat bisa melewatkan waktu menunggu buka yang bermanfaat. Saling bertemu bersilaturahim antarwarga, mendengarkan alunan musik Islami atau sekadar berjalan-jalan bersama keluarga dan teman. Untuk itu, festival yang setiap hari dibuka pukul 16.00 hingga malam hari ini diberi tema khusus ”Silaturahim Penuh Damai”.

Jalan Soka, Kompleks Nyiur Melambai, Semper Utara, Koja, Jakarta Utara, ditutup hingga tanggal 18 September karena di jalan itu digelar pasar kaget hidangan berbuka puasa. Pengelolanya adalah Karang Taruna RW 06. Dana hasil dari pasar kaget itu akan disumbangkan untuk anak yatim piatu dan pembangunan masjid.

Pasar Rebo dan sepanjang Jalan Inspeksi Kalimalang, Jakarta Timur, juga bisa dikunjungi. Apalagi jika sedang terjebak kemacetan di kawasan itu. Ada yang menyediakan menu ikan bakar, pecel lele, pecel ayam dan ayam bakar, sop dan soto, atau juga sate dengan minuman ringan.

Di Kalimalang, ada yang sudah buka sejak pukul 17.00, tetapi kebanyakan baru buka sekitar pukul 17.30. Sementara di Pasar Rebo, pedagang kaki lima atau pasar kaget (musiman) yang menjajakan menu buka puasa ini sudah mulai ramai dan ditunggui pengunjung sekitar pukul 17.00. Dua kawasan ini sangat padat pengunjung, lalu lintas cenderung macet.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com