Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasi Bambu Nyam Nyam yang Nyamleng

Kompas.com - 30/08/2009, 14:07 WIB

KOMPAS.com- Tiba di rumah makan Nyam-Nyam, pas disambut beduk penanda berbuka puasa. Suguhan nasi bambu, yang memang khas Nyam-Nyam, pun segera mengubah lapar menjadi nikmat.

Nasi bambu menjadi unggulan rumah makan yang berlokasi di Jalan Kalibata Timur I, Kalibata, Jakarta Selatan, itu. Lokasi tidak jauh dari Kantor Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa. Ada nasi bambu isi tuna, isi ati ampela, ayam kemangi, dan ayam jamur. Tinggal pilih.

Sesuai dengan namanya, nasi yang telah diisi dengan empat macam lauk itu dimasukkan ke dalam bambu sepanjang sekitar 12 sentimeter (cm). ”Cara makan, nasi disorong dengan kayu seperti ini,” kata Ninik Nuryanto (48) sambil menunjukkan kayu bertangkai sepanjang sepuluhan cm dengan diameter 7 cm.

Karena sedang bulan puasa, Nyam-Nyam memberi bonus es buah dan camilan buat tamu. Kami sedikit saja mencicipi camilan itu agar masih tersisa banyak ruang di lambung untuk nasi bambu.

Nasi bambu ayam kemangi dan ayam jamur sudah terhidang. Saatnya menyantap. Satu suapan, hmm... terasa begitu gurih. Nasinya pulen. ”Berasnya kami pesan langsung dari para petani di Sawangan, Magelang. Berasnya jenis menthik putih yang putihnya seperti ketan,” ujar Ninik.

Tanpa tambahan lauk, sudah cukup sebetulnya makan satu porsi nasi bambu. Namun, tidak ada salahnya dilengkapi dengan bebek goreng. Beberapa tamu menyebut bebek Nyam-Nyam termasuk yang disukai karena empuk.

Sungguh nikmat berbuka dengan yang gurih setelah diawali dengan yang manis tentunya. Nasi bambu ini segurih nasi uduk, tetapi menjadi berbeda karena nasinya begitu lembut dan pulen.

Mudah saja membikin nasi bambu. Rempah-rempah meliputi daun salam, pandan, serai, jahe, pala, daun jeruk, dan garam dalam porsi secukupnya direbus bersama santan. Beras dimasukkan ke dalam santan, lantas dikaru atau ditanak hingga setengah matang.

Nasi setengah matang ini kemudian dimasukkan ke dalam bambu-bambu berdiameter rata-rata 10 cm. Jangan lupa mengisinya dengan lauk. ”Barulah dikukus sampai matang,” ujar Ninik yang memesan bambu dari Citayam dan sudah menyetoknya sampai 600-an potong.

Nasi bambu ini bisa dikatakan mirip dengan arem-arem. Nasi sama-sama dibungkus, diisi dengan lauk, dan dikukus. Namun, faktor bambu membikin unik penampilan. Soal rasa juga jauh berbeda. ”Pak Try Sutrisno dan Pak Akbar Tandjung pernah ke sini dan menyebut nasi bambu ini unik, he-he-he,” ujar Ninik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com