Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertemu Napoleon di Bawah Laut Ambon

Kompas.com - 02/03/2010, 15:56 WIB

”Ambon Manise”. Ungkapan itu tidak hanya mencerminkan keindahan Maluku di daratan, tetapi juga di lautan. Keindahan, keragaman, dan kesuburan biota lautnya sungguh menakjubkan.

Bukan sesuatu yang mengherankan jika semakin banyak orang yang hobi menyelam di Ambon.

Ini merupakan kali kedua Nahoya Mitsui, ekspatriat di Jakarta asal Jepang, datang ke Ambon. Kenangan indah akan kunjungannya yang pertama, November 2009, mendorong dia datang kembali ke Ambon akhir Februari lalu.

Kenangan indah itu sama sekali bukan terkait fasilitas hotel berbintang yang serba wah, melainkan lebih karena biota laut di bawah permukaan laut di perairan sekitar Ambon.

”Saya pernah menyelam di Bali, Kepulauan Seribu (Jakarta), dan Manado (Sulawesi Utara), tetapi flora dan fauna bawah laut di Ambon jauh lebih indah. Hal itu sulit diungkapkan dengan kata-kata,” papar Mitsui.

Ia bersama 13 penyelam lain dari Singapura dan Jakarta mengarungi perairan Ambon dengan menyewa jasa operator selam Blue Rose Divers. Operator selam ini bermarkas di Pantai Santai, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Maluku, sekitar 1,5 jam perjalanan darat dari Bandar Udara Pattimura, Ambon.

Blue Rose Divers merupakan satu dari dua operator selam di Ambon. Satu lagi, Maluku Divers, yang bermarkas di Latuhalat, Ambon, tidak jauh dari Bandara Pattimura. Para penyelam biasanya menginap di salah satu penginapan yang berada di kedua tempat tersebut.

Beragam

Ahli lingkungan dan oseanografi dari Universitas Pattimura, Ambon, Abraham Samuel Khouw, menceritakan, selain terumbu karang yang masih lestari dan topografi datar dari perairan bawah laut di sekitar Ambon, hewan laut yang dapat ditemui di sana sangat beragam dan unik.

Nudibranchia, misalnya. Hewan berwarna pelangi ini bentuknya seperti siput, tetapi tidak ada cangkangnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com