Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternate Mulai Gelar Legu Gam Awal April

Kompas.com - 25/03/2010, 02:28 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com--Keraton Kesultanan Ternate menggelar pesta rakyat Maluku Utara, Legu Gam, pada 1-17 April 2010 untuk menarik kedatangan minimal 20.000 wisatawan ke daerah itu.

"Ini salah satu upaya kami untuk menarik lebih banyak kunjungan wisawatan ke Ternate," kata penggagas Legu Gam, Permaisuri Kesultanan Ternate, Boki Ratu Nita Budhi Susanti, dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona Jakarta, Rabu.

Ia mengatakan, penyelenggaraan pesta rakyat Legu Gam bertujuan untuk mempromosikan pariwisata dan potensi wisata di Maluku Utara (Malut).

Menurut dia, Malut memiliki banyak tujuan wisata yang potensial untuk ditawarkan kepada wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Legu Gam merupakan pesta rakyat masyarakat Ternate yang sudah diselenggarakan secara rutin dalam tujuh tahun terakhir sebagai peringatan ulang tahun Sultan Ternate dan tahun ini untuk menyambut ulang tahun Sultan ke-75.

"Di Malut kami memiliki 29 suku dengan 60 bahasa daerah, dengan segala macam potensi wisata yang ada mulai dari wisata budaya, wisata bahari, wisata sejarah, sampai wisata kuliner," katanya.

Ia berpendapat, sejak zaman dahulu kala, Ternate tersohor di seluruh dunia sebagai pulau yang kaya rempah-rempah sehingga paling banyak disinggahi oleh pelaut Eropa.

Permaisuri Boki yang dari tahun ke tahun menjadi penggagas gelaran itu mengatakan, Legu Gam yang telah masuk dalam agenda pariwisata nasional tiap tahun memiliki nilai strategis dalam mengangkat budaya lokal Moluku, Kie Raha, di tengah gempuran budaya asing.

"Tema yang diangkat tahun ini adalah ’Membangun Perekonomian Rakyat Melalui Adat Seatorang’," katanya.

Tema itu bertujuan untuk mewujudkan perekonomian yang kuat bagi rakyat Ternate. Untuk itu, pihaknya menilai harus ada pembinaan UKM salah satunya melalui skema Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com