Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Eksotisme Wisata Selam

Kompas.com - 26/03/2010, 08:47 WIB

BM Lukita Grahadyarini

KOMPAS.com - Jika ingin merasakan terbang layaknya Superman, Anda tak perlu berkhayal memiliki sayap. Jagat bawah laut Indonesia bisa mewujudkan keinginan Anda melayang ke tempat-tempat paling indah di planet biru ini.

Rasakan sensasi saat tubuh menjelajah di atas kumpulan karang berukuran kecil hingga raksasa yang tumbuh di hamparan pasir dasar laut, dinding koral sepanjang puluhan meter, ditingkahi gerakan lincah beragam ikan karang dan biota laut dengan bentuk dan warna tubuh yang menawan hati.

Panorama itu dengan mudah bisa ditemukan di negeri bahari ini. Dengan panjang pantai 95.181 kilometer atau kedua terpanjang di dunia, terhampar surga terumbu karang dengan ragam ikan di permukaan (pelagis) dan dasar perairan (demersal), goa, hingga gunung bawah laut.

Perairan Pulau Bunaken, Sulawesi Utara, adalah contoh kecil dari nirwana itu. Penyelam bisa berpapasan dengan ikan-ikan eksotis, seperti napoleon (Cheilinus undulatus), dan penyu hijau raksasa (Chelonia mydas). Di Pantai Hukurila di Kota Ambon, Maluku, dan Pantai Wasage di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara, penggemar tantangan adrenalin akan disuguhkan pemandangan goa-goa bawah laut.

Di barat daya Pulau Mangehetang, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, penyelam bisa menyaksikan gunung bawah laut di perairan cukup dangkal dengan titik kepundan gunung di kedalaman 8 meter.

”Nyaris tak terhitung banyaknya lokasi penyelaman yang ada di Tanah Air. Potensinya begitu luas dan setiap titik selam menawarkan pemandangan bawah laut yang unik dan berbeda,” tutur Steven, peselam yang tergabung dalam klub Professional Association of Diving Instructor (PADI).

Klub pencinta selam

Wisata selam di Tanah Air mulai berkembang sejak awal 1980-an. Minat khusus itu juga mendorong lahirnya klub-klub pencinta selam, pusat pelatihan selam, dan resor wisata dengan layanan jasa operator selam yang menawarkan obyek-obyek penyelaman yang dahsyat.

Seiring munculnya obyek-obyek wisata selam, minat masyarakat untuk mengenal olahraga ini terus berkembang. Tumbuhnya minat masyarakat itu setidaknya tecermin dalam pameran Deep Indonesia dan Extreme Indonesia 2010 di Jakarta tanggal 12-14 Maret 2010. Dengan tiket masuk Rp 20.000 per orang, sejak pagi hingga malam ribuan pengunjung dari dalam dan luar negeri memadati stan toko-toko penjual peralatan selam dan agen-agen wisata.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com