Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aloha Onopoke!

Kompas.com - 07/04/2010, 14:09 WIB

Beberapa waktu yang lalu saya sempat singgah di sebuah restoran yang menyajikan makanan khas Hawaii di Bandung. Ya, di Bandung! Unik juga, kan? Sepanjang saya tahu, di seluruh Indonesia hanya ada satu saja tempat makan yang menyajikan masakan khas Hawaii.

Nama restonya Aloha Aina. Tempatnya di dekat perempatan Jalan Juanda dan Jalan Diponegoro, tidak jauh dari “kompleks” factory outlets. Jadi, kalau libur akhir pekan Anda nanti ke Bandung, tempat ini bisa jadi salah satu pilihan.

Masakan Hawaii yang laris manis di resto ini adalah loco moco. Ini mungkin adalah fusion food gaya Hawaii. Dua lembar burger patties (daging cincang dibentuk bulat untuk isi burger) dipanggang dan ditumpangkan di atas seporsi besar nasi putih. Lalu, dua telur ceplok (telur goreng mata sapi) ditumpangkan lagi di atasnya. Kemudian diguyur dengan kuah kental yang gurih. Betul-betul mengenyangkan – sesuai dengan porsi tubuh orang Hawaii yang memang besar-besar.

Di Jakarta, sebenarnya sempat hadir beberapa gerai restoran Loco Moco yang juga menyajikan hidangan ini. Entah kenapa, tiba-tiba Loco Moco hilang dari peredaran.

Hidangan khas lainnya di Aloha Aina ini adalah onopoke. Ini memang sajian populer di Hawaii sono. Ono adalah nama sejenis ikan yang juga dikenal sebagai wahoo. Poke artinya potongan kubus atau dadu. Tetapi, sekarang ini yang lebih populer adalah onopoke dari daging ikan tuna mentah. Karena tuna (yellowfin tuna) di Hawaii disebut ahi, maka sebetulnya terminologi yang tepat untuk sajian ini adalah ahipoke.

Keras diduga onopoke merupakan ciptaan kuliner yang dipengaruhi penduduk keturunan Jepang yang banyak bermukim di Kepulauan Hawaii. Onopoke yang sangat mirip sashimi tentulah berakar dai budaya kuliner Jepang. Sama dengan keturunan Tionghoa di Hawaii yang memopulerkan saimin dan pansit, dan keturunan Filipina memopulerkan lumpia dan chicken adobo. Hawaii, karena itu, merupakan belanga atau kuali pencampur (melting pot) berbagai budaya kuliner unggulan.

Di Hawaii, McDonald’s bahkan “menyerah” pada local wisdom untuk menyajikan nasi pada saat sarapan. Bila di Hong Kong McDonald’s menyediakan bubur ayam untuk sarapan, dan di Indonesia McDonald’s “mengizinkan” pahe (paket hemat) berisi nasi dan ayam goreng, itu mungkin karena pertama kali di Hawaii McDonald’s sudah ber-eksperimen di Hawaii dengan menyajikan Portugese Rice untuk sarapan. Paket ini terdiri atas nasi putih, beberapa iris sosis sapi panggang, telur ceplok, jus jeruk, dan kopi.

Anda masih ingat Poke Sushi yang salah seorang pemiliknya adalah si cantik pintar Olga Lydia? Restoran ini, konon, disebut Poke Sushi karena salah satu hidangan andalannya adalah memang ahipoke khas Hawaii ini.

Kepada Dimas Soeyono, pemilik sekaligus chef di Aloha Aina, saya sudah usulkan agar restonya juga nanti menyajikan lomi-lomi salmon yang tradisional Hawaii. Mirip onopoke, namun dibuat dari salmon mentah. Bagi saya pribadi, lomi-lomi salmon lebih miroso. Tentu saja, salmon memang lebih enak dibanding tuna.

Hele mai a’i! Ayo, sini makan!

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com