Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jababeka, Lippo Cikarang, Deltamas Ramah Sepeda

Kompas.com - 27/04/2010, 07:46 WIB

KOMPAS.com -  Ada pemandangan berbeda di kawasan Kota Jababeka, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Minggu (25/4). Sebelum pukul 07.00, Jalan Tropikana Raya, Kota Jababeka, Cikarang, Kabupaten Bekasi, dipadati ribuan pesepeda.

Tua muda, laki-laki perempuan berkumpul di ruas jalan itu dan bersiap-siap di atas tunggangan mereka, sepeda. Mereka tengah menunggu aba-aba start JB Fun Bike, ajang bersepeda santai yang diadakan pengembang Kota Jababeka Cikarang.

Setelah bendera tanda start berkibar, para peserta JB Fun Bike itu memenuhi sepanjang jalan di depan Jababeka Multicultural Center. Panitia menyebutkan, para peserta JB Fun Bike tidak hanya dari kawasan Jababeka dan Cikarang, tetapi juga datang dari komunitas pesepeda Subang dan Karawang.

Para peserta menempuh rute dari Jalan Tropikana Raya menuju Jalan Douwes Dekker, melintasi kawasan Botanic Gardens, memutar menuju perumahan Tropikana Residence dan finis di pelataran Plaza JB.

JB Fun Bike adalah kegiatan bersepeda santai bagian dari rangkaian ulang tahun Plaza JB, pusat komersial di Kota Jababeka. Bersamaan dengan penyelenggaraan JB Fun Bike, PT Jababeka Tbk secara resmi membuka jalur zona sepeda atau bike zone, tahap pertama di kawasan Kota Jababeka.

Zona sepeda Jababeka tahap pertama itu menghubungkan kawasan Education Park Kota Jababeka, kawasan Golf Jababeka, kompleks Veranda Town House, kawasan bisnis Pecenongan Square, kawasan Botanic Gardens, sampai kompleks perumahan Tropikana Residence dan Simprug Garden. Panjang jalur sepeda itu 10 kilometer.

”Pembangunan Bike Zone bagian dari komitmen Jababeka Go Green dan sekaligus bentuk dukungan kami terhadap program kampanye udara bersih,” ujar Hyanto Wihadhi, Direktur PT Jababeka Tbk.

Melalui komitmen Go Green, Kota Jababeka menuju kawasan hijau, rendah polusi, dan ramah lingkungan.

Gaya hidup

Bersepeda kini menjadi gaya hidup masyarakat modern, terutama di kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Komunitas pesepeda pun kian banyak bertumbuh.

Tidak sedikit di antara komunitas mereka itu berasal dari kalangan penghuni kawasan perumahan atau karyawan perusahaan, termasuk mereka yang berdiam di Kota Jababeka, Cikarang, Kabupaten Bekasi.

Pembangunan kawasan Jababeka mulai tahun 1989. Sejak itu, daerah itu menjadi kawasan industri, perumahan, dan pendidikan yang terintegrasi. Kota Jababeka menjadi satu dari beberapa kawasan industri dan perumahan di Kabupaten Bekasi yang menyediakan jalur khusus untuk sepeda.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com