Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turis Asing ke Kerinci Terus Menyusut

Kompas.com - 07/05/2010, 16:02 WIB

JAMBI, KOMPAS - Jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Kerinci terus menyusut selama tiga tahun terakhir. Untuk itu akan digelar kembali Festival Danau Kerinci guna menjaring lebih banyak wisatawan asing yang berkunjung ke wilayah tersebut. Namun, hal itu perlu dibarengi dengan perbaikan infrastruktur.

Berdasarkan data Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata (DPOKP) Kerinci, jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Kerinci pada tahun 2007 sebanyak 2.629 orang. Jumlah itu menurun pada tahun 2008, yaitu hanya 2.601 orang, dan pada tahun 2009 berkurang lagi menjadi 2.267 orang. Obyek yang paling sering dikunjungi adalah Danau Kerinci, Gunung Kerinci, dan kebun teh Kajoe Aro.

Kepala Dinas DPOKP Kerinci, Arlis Harun mengatakan, Kamis (6/5), penurunan jumlah wisatawan asing itu disebabkan infrastruktur menuju Kerinci dalam kondisi rusak, baik yang dari Jambi maupun dari pesisir barat. Padahal, kondisi infrastruktur selalu menjadi pertimbangan utama bagi wisatawan sebelum berkunjung ke satu daerah.

Menurut dia, hampir setiap hari sekitar 70 wisatawan mengunjungi sejumlah obyek wisata di Sumatera dari arah selatan. Ketika melewati Kota Bangko yang merupakan pintu gerbang menuju Kerinci dan Sumatera Barat, wisatawan asing lebih memilih untuk meneruskan perjalanan ke Sumatera Barat. Penyebabnya, dari arah Kota Bangko menuju Kerinci, jalan yang rusak sekitar 60 kilometer.

”Banyak wisatawan yang tadinya ingin berkunjung ke Kerinci akhirnya batal setelah tahu kondisi jalan rusak parah,” kata Arlis.

Penyebab lain, menurut Arlis, yakni rendahnya koordinasi antarsatuan kerja pemerintah daerah di Kerinci terkait pengembangan wisata daerah tersebut. Ketika ada satuan kerja yang bertugas ke luar negeri, misalnya, mereka tidak sekaligus melakukan promosi daerahnya sendiri. Akibatnya, banyak calon wisatawan potensial tidak memperoleh informasi memadai dan konferensif tentang keindahan panorama Kerinci.

Festival Kerinci

Menurut Arlis, tahun ini pihaknya mengupayakan peningkatan jumlah kunjungan wisatawan dengan menggelar kembali Festival Danau Kerinci yang ditiadakan pada tahun 2009. Festival akan berlangsung pada 7-10 Juli. Selain itu, pihaknya juga menggelar acara mingguan di Danau Kerinci berupa atraksi budaya di tepi danau oleh kalangan pelajar tingkat SMP hingga SMA. Atraksi terebut sudah berlangsung sejak tiga pekan silam dan berlanjut hingga akhir tahun 2010.

Untuk menarik minat wisatawan asing, pihaknya juga tengah menjajaki kerja sama pembangunan hotel bintang empat dengan investor asal Malaysia. ”Investor akan membangun hotel di tepi Danau Kerinci dan di kaki Gunung Kerinci,” tuturnya.

Pengemasan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com