Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk ke "Little Bali in Belitong"

Kompas.com - 17/05/2010, 17:30 WIB

TANJUNGPANDAN, KOMPAS.com - Pekan Wisata Negeri Laskar Pelangi 'Little Bali in Belitong' yang digelar selama 10 hari berturut-turut dari Rabu (12/5/2010) malam hingga Sabtu (22/5/2010) mendatang di Dusun Balitung, akan diisi beragam kesenian tradisional yang hidup di Kabupaten Belitung.

Salah satunya kesenian Bali yang akan menampilkan Tari Ogoh-ogoh, Tari Sanghyang selain itu tari tradisional lainnya Kuda Lumping Langen Budoyo, Betiong Begubang, Beripat Beregong, Dul Mulok, Antu Bubu, Tari Barong, Lesong Panjang, Barongsai Singa Mas Sakti, Campak Modern hingga Reog Ponorogo.

Kegiatan tersebut juga menjadwalkan karnaval keliling kota Tanjungpandan yang rencananya diikuti seluruh kesenian tradisional yang berpartisipasi di Pekan Wisata yang digelar masyarakat Dusun Balitung dalam rangka menyambut Hari Raya Galungan dan Kuningan.

Namun karnaval yang direncanakan pada Minggu (16/5/2010) pagi urung dilaksanakan. Ketua Panitia Pekan Wisata Negeri Laskar Pelangi, I Wayan Suta saat dikonfirmasi Grup Bangka Pos, Minggu (16/5/2010) menjelaskan, rencana tersebut memang dibatalkan.

Menurut Wayan Suta, pembatalan ini atas usul dari masyarakat. Mereka menghendaki kegiatan penampilan kesenian tradisional difokuskan di Dusun Balitung saja. "Acaranya (karnaval) dibatalkan. Masyarakat usul fokus di kampung saja," kata Wayan Suta saat dihubungi melalui telepon selulernya.

Selain itu kata Wayan Suta, para personel kesenian tradisional banyak yang merasa kelelahan karena ada yang tampil setiap hari hingga Sabtu (15/5/2010) malam.

Wayan Suta mengatakan, berdasarkan pertimbangan tersebut akhirnya diputuskan kegiatan penampilan kesenian tradisional akan dilanjutkan kembali Sabtu (22/5/2010) mendatang, sekaligus penutupan Pekan Wisata Negeri Laskar Pelangi.

Pekan Wisata Negeri Laskar Pelangi 'Little Bali in Belitong' dibuka oleh Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung H Eko Maulana Ali pada Rabu (12/5) lalu. Pada pembukaan kegiatan ini, dilakukan pemberian gelar adat kehormatan yaitu Adi Dharma Mahayowana untuk gubernur dan Nayaka Mahotama untuk Bupati Belitung H Darmansyah Husein. (Pos Belitung/vid)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com