Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Pemuda Hadiri Sail Banda 2010

Kompas.com - 01/06/2010, 17:27 WIB

AMBON, KOMPAS.com - Ribuan pemuda asal Maluku akan menghadiri acara puncak Sail Banda 2010 di Wonreli Kisar, ibu kota sementara Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD). "Awalnya panitia merencanakan 2.000 pemuda Asia yang akan bertolak dengan kapal laut ke Kisar untuk menghadiri acara puncak perayaan Sail Banda tanggal 17 Agustus 2010," kata Ketua Panitia Lokal Sail Banda Maluku, Said Assagaff, di Ambon, Selasa (1/6/2010).

Namun dalam perkembangannya, terjadi perubahan rencana pengerahan ribuan pemuda Asia yang diganti dengan 2.000 pemuda dari seluruh provinsi di Indonesia. Ada berbagai pertimbangan teknis yang menyebabkan panitia hanya mengerahkan ribuan pemuda dari 33 provinsi untuk bergabung ke Ambon, ibu kota Provinsi Maluku.

Sedangkan 2.000 pemuda Maluku akan diberangkatkan ke Kisar tanggal 14 Agustus menggunakan dua kapal laut, sekaligus akan menjadi tempat tinggal bagi mereka selama berada di sana.

Assagaff yang juga Wakil Gubernur Maluku mengatakan, berbagai persiapan sarana dan prasarana pendukung yang dilakukan Pemprov menjelang puncak perayaan kegiatan internasional Sail Banda 2010 masih terus dilakukan.

Penyiapan sarana pendukung ini meliputi pelebaran ruas-ruas jalan di Pulau Ambon yang dijadwalkan akhir Juni nanti sudah rampung dikerjakan, penyiapan air bersih dan pembuatan tambatan perahu di Pulau Banda, Kabupaten Maluku Tengah termasuk Pulau Kisar juga sementara dikerjakan.

Sebelumnya, Penjabat Bupati Kabupaten MBD, Angky Renjaan mengatakan belum mendapat informasi resmi dari panitia Sail Banda 2010 tentang rencana pengerahan 2.000 pemuda Asia, Indonesia atau asal Maluku ke Pulau Kisar.

"Puncak kegiatan Sail Banda tanggal 17 Agustus 2010 akan berlangsung di Kisar berupa upacara bendera di bawah laut, tapi kami belum menerima informasi yang jelas dari panitia tentang rencana kehadiran ribuan pemuda," kata Angky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com