Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ssst... Ada Festival Perahu Naga di DIY

Kompas.com - 10/06/2010, 22:37 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul serta masyarakat Tionghoa Yogyakarta akan menyelenggarakan Festival Perahu Naga di Bendung Tegal, Canden, Jetis Bantul, 13 Juni 2010.

"Festival Perahu Naga diselenggarakan untuk menyambut perayaan Peh Cun, dan kegiatan itu akan berlangsung sehari, mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB," kata Humas Dinas Pariwisata Provinsi DIY, Nurhidayat, di Yogyakarta, Kamis (10/6/2010).

Menurut Nurhidayat, rencananya Festival Perahu Naga 2010 akan diikuti 20 tim olah raga dayung DIY, dan dimeriahkan dengan eksebisi perahu dayung dari luar Yogyakarta, slalom boat, dan kesenian barongsai di atas perahu naga.

"Festival Perahu Naga ini merupakan rangkaian kegiatan awal perayaan Pehcun 2010 yang puncaknya akan diselenggarakan di Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul pada 16 Juni 2010," kata Nurhidayat.

Ia mengatakan perayaan dengan menggelar festival perahu naga merupakan salah satu budaya masyarakat Tionghoa yang masih dilestarikan di Indonesia sebagai kekayaan budaya dan pariwisata.

Lokasi Festival Perahu Naga 2010 di Wisata Tirta, Bendung Tegal, menurut dia, karena pertimbangan selama ini tempat itu merupakan objek wisata air unggulan Kabupaten Bantul.

Bendung tersebut berada di wilayah Desa Wisata Kebonagung, Kecamata Jetis yang kini memiliki pondok wisata, sehingga wisatawan dapat menginap di desa itu. "Adanya festival tersebut diharapkan bisa menghidupkan Desa Wisata Kebonagung, sekaligus mengenalkan sebagai desa tujuan wisata," kata Nurhidayat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com