Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Sail Banda Bagi Bumi Maluku

Kompas.com - 14/06/2010, 19:09 WIB

Oleh Wuryanti Puspitasari

Bumi Maluku tengah berbenah, menyambut perhelatan akbar Sail Indonesia 2010 yang gaungnya telah dikumandangkan para "pembesar" sejak lama.

Acara tahunan yang akan berlangsung pada 27 Juli hingga 8 Agustus 2010 akan berpusat di Banda Neira, gugusan pulau-pulau kecil yang terletak di sebelah tenggara Pulau Ambon, Kabupaten Maluku Tengah, Provinsi Maluku.

Berbagai potensi di negeri cakalele itu siap dieksplorasi, merefleksikan Indonesia yang maha kaya sumber daya alam.

Belajar dari kesuksesan Sail Bunaken 2009, maka Maluku juga akan mendemonstrasikan diri pada dunia internasional tentang ragam potensi kelautan, wisata bahari, terumbu karang, kebudayaan dan sektor perikanan.

Tidak tanggung-tanggung, anggaran sekitar Rp160 miliar sudah dipersiapkan pemerintah untuk menyukseskan ajang pencitraan Maluku sebagai bagian dari kawasan Indonesia bagian timur yang pantas dilirik.

Bagi pemerintah, total anggaran Rp160 miliar untuk sebuah kegiatan berskala internasional itu tidak berarti bila dibandingkan dengan berbagai dampak positif yang diharapkan akan diraih.

Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat, Agung Laksono mengatakan dampak positifnya mulai dari jangka pendek, jangka menengah hingga jangka panjang.

Ia mencontohkan jangka pendek yang bisa diraih adalah citra positif secara nasional maupun internasional bahwa Provinsi Maluku, khususnya Ambon merupakan wilayah yang damai, nyaman dan memiliki potensi sumber daya alam yang sangat banyak, pascakerusuhan yang bernuansa SARA pada 1999 silam.

Agung juga mencontohkan keuntungan jangka panjang yang bisa diperoleh dengan penyelenggaraan Sail Banda diantaranya pembangunan infrastruktur jalan bagi masyarakat, pembangunan pelabuhan perikanan yang berkelanjutan hingga penanaman modal baik oleh investor lokal maupun asing.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com