Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merpati Tambah 3 Cassa ke Banda

Kompas.com - 16/06/2010, 17:51 WIB

AMBON, KOMPAS.com - Perusahaan penerbangan Merpati Nusantara Airlines (MNA) akan menambah tiga unit pesawat jenis Cassa yang siap beroperasi di Maluku dalam rangka menyukseskan kegiatan internasional Sail Banda 2010.

Wakil Gubernur Maluku, Said Assagaff, di Ambon, Rabu (16/6/2010), mengatakan penyiapan tiga unit pesawat ini bertujuan untuk memperlancar jalur penerbangan perintis yang dilayani MNA selama ini.

Kesediaan manajemen MNA menambah armada pesawatnya untuk beroperasi di Maluku telah disampaikan secara resmi ke Pemprov Maluku saat melakukan pertemuan di Jakarta beberapa waktu lalu.

Saat ini, jalur penerbangan perintis yang dilayani Merpati mulai mengalami penurunan akibat armadanya terbatas.

Penerbangan rute penerbangan Ambon-Kisar (ibu kota sementara Kabupaten Maluku Barat Daya) menurun dari dua kali menjadi sekali dalam seminggu, belum termasuk jalur penerbangan perintis ke daerah lainnya seperti Kabupaten Buru, Maluku Tenggara, Maluku Tenggara Barat dan Kabupaten Kepulauan Aru.

Akibatnya Dinas Perhubungan Maluku mengusulkan ke Kementrian Perhubungan melakukan evaluasi terhadap MNA dan memberikan kesempatan bagi maskapai penerbangan swasta melayani rute penerbangan perintis.

"Sarana infrastruktur dasar seperti penyiapan bandara di berbagai daerah, sehingga dibutuhkan peran serta pemerintah maupun swasta dalam memperlancar arus transportasi di daerah ini sangat dibutuhkan," katanya.

Rencana penambahan tiga Cassa yang memiliki kapasitas 40 tempat duduk disambut positif karena Sail Banda 2010 akan terjadi peningkatan arus penumpang ke Pulau Banda dan Kisar, sebagai tempat berlangsungnya kegiatan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com