Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanah Lot Art Festival, Andalan Tabanan

Kompas.com - 23/07/2010, 07:48 WIB

TABANAN, KOMPAS.com - Badan Operasional Objek Wisata Tanah Lot, Kabupaten Tabanan menjadikan kegiatan Tanah Lot Art Festival (TLAF) 2010 sebagai sarana kegiatan promosi pariwisata objen wisata andalan daerah "gudang beras" di Bali.

Manager Badan Operasional Objek Wisata Tanah Lot, I Made Sujana di Tabanan, Kamis (22/7/2010) mengatakan, obyek wisata Tanah Lot merupakan tempat suci umat Hindu, sekaligus pelestari seni budaya masyarakat setempat. "Ini membuktikan bahwa kita turut serta mendukung program pemerintah dalam melestarikan kebudayaan daerah," ujar Sujana.

Oleh sebab itu TLAF yang akan berlangsung selama seminggu mulai 26 Juli mendatang menampilkan kesenian klasik berupa tari dan tabuh, dengan menampilkan seniman-seniman terbaik dari desa-desa di kabupaten Tabanan.

Sujana yakin, tim kesenian yang mendapat kesempatan pentas itu telah mempersiapkan dirinya dengan matang, termasuk menggali kesenian-kesenian lokal yang ada untuk bisa dipentaskan di hadapan wisatawan dalam dan luar negeri. "Seniman-seniman pilihan itu sekaligus menjadi termotivasi untuk menggali kemudian mengembangakan kesenian yang ada di daerahnya," kata Sujana.

Menurutnya, selain sebagai media promosi, TLAF juga sebagai sebuah konsep yang ideal untuk pengembangan pariwisata berbasis budaya. "Kegiatan ini sebagai bukti, Tanah Lot mampu merancang sebuah kemasan acara yang menarik bagi kunjungan wisatawan," ujar Sujana.

Selama kegiatan berlangsung, aneka kesenian unik milik masyarakat setempat yang yang selama ini jarang dan langka akan menjadi sajian menarik bagi wisatawan. "Inilah, sebagai wujud nyata kepedulian objek wisata Tanah Lot akan karya para pendahulunya yang memang unik. Dan ini dapat diwarisi sebagai tujuan kunjungan para wisatawan ke Bali," katanya.

Sejak sebulan lalu, kata Sujana, situs resmi Tanah Lot, www.tanahlot funsclub.com, TLAF sudah menjadi topik bahasan. Dan tidak sedikit wisatawan yang sudah siap datang utuk menyaksikan kegiatan akbar tersebut.

Sujana menambahkan, tanahlot funsclub milik objek wisata tersebut sudah memiliki anggota lebih dari 12.400 orang di seluruh dunia. "Respon para anggota funsclub sangat positif bahkan sebagian besar dari mereka berkeinginan untuk bisa datang  menyaksikan acara tahunan ini," katanya.

Begitu pula, komponen pariwisata mulai dari biro perjalan dalam dan luar negeri telah banyak meminta jadwal pementasan seni tersebut.

Sujana mengatakan, kegiatan promosi seperti ini sangat potensial untuk meningkatkan kunjungan. Buktinya kunjungan wisatawan ke Tanah Lot selama Januari-Juni 2010 sebanyak 1.061.432 orang atau meningkat 17,99 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat 899.633 orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com