Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakmi "Warung Solet" yang Menggugah Selera...

Kompas.com - 30/07/2010, 18:46 WIB

Kuah panas yang mengeluarkan aroma sedap menggoda lidah untuk segera mencicipi. Rasa gurih dan segar langsung terasa saat kuah berbumbu dari bakmi godok telur pindah dari sendok ke mulut. Hmm, sedapnya masakan di Warung Bakmi "Solet" ini.

Setelah mencicipi kuahnya yang segar dan gurih, giliran bakmi kuning dan beberapa jenis sayuran yang memasuki rongga mulut. Matangnya pas, tidak terlalu lembek atau keras. Selain kubis (kol), wortel, sawi hijau, dan telur, ada pula daun bawang dan seledri serta potongan tepung terigu goreng yang melengkapi sajian bakmi godok ini.

Semuanya dimasak sesaat setelah dipesan sehingga kesegaran bahan-bahannya memengaruhi cita rasa masakan.

Selain sajian bakmi godok telur, juga ditawarkan bakmi goreng telur, capcai, paklay, nasi goreng, nasi sup, dan tahu acar. Untuk capcai, isinya sama dengan bakmi godok atau goreng, hanya saja tidak terdapat bakmi. Sedangkan untuk paklay, isinya sama dengan capcai, namun tidak diberi tepung terigu goreng. Satu porsi dihargai Rp 7.000-Rp 8.500. Untuk tahu acar Rp 3.500 per porsi.

Warung yang buka setiap hari mulai pukul 10.00-18.30 ini diberi nama "Solet" sesuai julukan yang diberikan kepada pendirinya, almarhum Wiryo Darsono. Wiryo kecil bertubuh kurus kering sehingga dijuluki solet atau semacam alat untuk menggoreng.

Wiryo bersama istrinya, Semi (alm), merintis warung ini tahun 1965 dan bertahan hingga kini, diteruskan oleh anaknya, Wiwik Widayati (49). Wiwik dibantu sang suami, Ranto, serta tiga orang lainnya.

Wiwik sendiri yang memasak pesanan dari pembeli yang memesan makanan. Tangannya sangat terampil sehingga pembeli tidak perlu menanti lama untuk menyaksikan sepiring pesanannya tiba di atas meja di hadapannya.

Di meja juga tersedia cabai rawit, acar, dan sambal kecap serta berbagai gorengan.

Warung yang terletak di Jalan Benowo V, Kampung Sanggrahan, Makamhaji, Kabupaten Sukoharjo, ini selalu ramai saat makan siang. Lokasi warung ini berjarak sekitar 700 meter dari Tugu Lilin ke arah utara menuju daerah Gentan, Sukoharjo. Dari Tugu Lilin ke arah utara, tinggal menyusuri Jalan Joko Tingkir dan di sebelah barat jalan, tepat di ujung gang, akan terlihat papan kecil 60x40 sentimeter bertuliskan "Warung Solet." Sekitar 50 meter dari ujung gang tersebut akan ditemukan "Warung Solet". Jangan lupa pesan bakmi dan supnya. (SRI REJEKI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com