Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Delegasi Bisnis Pariwisata RI ke Korea

Kompas.com - 03/08/2010, 22:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 9 delegasi bisnis atau perwakilan industri pariwisata Indonesia mengunjungi dua kota di Korea yakni Seoul dan Busan untuk membuka peluang menjalin kemitraan dengan industri wisata negara itu. "Saya membawa 9 industri pariwisata ke Seoul dan Busan untuk bertemu dengan pelaku industri pariwisata di dua kota itu," kata Ketua Delegasi Pariwisata RI, I Gde Pitana, di Jakarta, Selasa (3/8/2010).

Pitana yang juga Direktur Promosi Luar Negeri Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata itu mengatakan, di Seoul delegasi Indonesia bertemu dengan 60 calon mitra kerja/buyers potensial.

Sedangkan di Busan, delegasi Indonesia bertemu dengan 80 calon mitra kerja asal negeri itu. "Hasilnya bagus, respons mereka sangat antusias dan akan segera mengirimkan tamu-tamunya ke Indonesia," kata Pitana.

Ia menilai Korea saat ini merupakan pasar pariwisata yang potensinya besar mengingat negara itu kini memiliki mata uang yang kompetitif dengan kondisi ekonomi yang terus menggeliat. "Pertumbuhan ekonomi Korea juga positif sehingga kami semakin optimistis untuk mempromosikan pariwisata Indonesia di negara itu," katanya.

Pitana memimpin rombongan pelaku usaha pariwisata ke Korea selama beberapa hari pada akhir Juli 2010. Pada kesempatan itu, ia bersama rombongan melakukan sales mission. "Industri pariwisata kita meminta pemerintah untuk memperbanyak fasilitasi sales mission di beberapa negara potensial agar dapat bertemu dengan lebih banyak mitra bisnis di luar negeri," katanya.

Dengan begitu, tambah Pitana, akan terbuka lebih banyak kesempatan untuk memperkenalkan Indonesia khususnya dunia pariwisata hingga melakukan persuasi produk/paket-paket wisata yang mampu menarik lebih banyak wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke tanah air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com