Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudahnya Cari Liburan Panjang

Kompas.com - 10/10/2010, 21:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Seseorang tidak akan sulit untuk menemukan masa libur panjang di tengah kesibukan pekerjaan, asalkan bisa mengatur libur dan cuti kerja sedemikian rupa. Kunci utamanya, membereskan pekerjaan utama sesegera mungkin. 

"Bos saya santai. Asalkan kerjaan beres, kita bisa cuti sesuka hati," ungkap penulis buku The Naked Traveller, Trinity, dalam sebuah talkshow Indonesia Book Fair (IBF) 2010 , Minggu ( 10/10/2010 ) di Istora Senayan, Jakarta.

Dengan sebuah perencanaan liburan yang baik, Trinity mengaku dapat waktu bebas selama dua bulan. "Dalam waktu 2 bulan itu, saya dapat bertamasya ke Bali, Flores, Wakatobi dan Makassar," tuturnya.

Hal serupa dialami Rini, penulis buku Tiga Jutaan Keliling India dalam 8 Hari. Untuk mendapatkan libur yang lama, dia merencanakan dan menyusun plot libur kerja hingga memperoleh masa libur sampai 25 hari dalam setahun.

Bagi yang kerjanya full time, Anda tak perlu khawatir. Claudia Kaunang mengatakan, asalkan diri kita bisa mengatur akhir pekan, liburan bisa dirasakan. Penulis buku Dua Juta Keliling Thailand, Malaysia dan Singapura ini menyarankan supaya kita mengumpulkan masa cuti. "Dengan cuti yang terkumpul menjadi satu rangkaian, Anda akan mendapatkan hari libur yang lebih lama dari hari yang disediakan oleh perusahaan," ujar wanita yang menetap di Singapura ini.

Sementara penulis buku Dua Jutaan Keliling Vietnam, Sismanto, punya kiat yang lebih unik. Menurut dia, jalan-jalan harus dianggap sebagai pekerjaan utama, sebaliknya bekerja di kantor itu usaha sampingan. "Pola kita semestinya ditukar," tegas dia.

Dengan pola hidup begitu, lanjut pria yang disapa Mantos ini, ia bisa cuti sesuai keinginan di saat kita sudah tidak ada pekerjaan. "Padahal saya juga pekerja kantoran loh yang jatah cutinya 12 hari," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com