Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mengajak Si Kecil Berlibur

Kompas.com - 25/10/2010, 21:53 WIB

KOMPAS.com - Paling seru memang mengajak buah hati Anda berwisata. Apalagi jika buah hati Anda masih balita, hal sekecil apapun akan menarik perhatiannya. Tapi, membawa si kecil berlibur kadang merepotkan. Ikuti tips berikut agar si kecil tidak rewel di perjalanan.

Pilih Objek Wisata Yang Tepat Jangan bawa si kecil ke museum yang membosankan. Tapi ajak ke atraksi-atraksi yang hidup, seru, dan memiliki aktivitas yang mampu membuat si kecil bergerak. Misalnya: kebun binatang, taman safari, water park, dan sejenisnya.

Perjalanan Jauh Umur anak bisa menjadi patokan lamanya waktu terasa bagi si kecil. Jika umur anak Anda 10 tahun, maka lebih dari 10 menit pun menurut dia sudah terasa sangat lama. Nah, bayangkan jika Anda harus membawa si kecil dalam perjalanan jauh menuju tempat wisata. Karena itu, sebaiknya perkirakan jarak dan lama perjalanan. Pilih tempat wisata yang tidak memakan waktu tempuh terlalu lama.

Mengantuk Setelah seharian si kecil beraktivitas, si kecil akan mulai lelah dan mengantuk. Anak Anda bisa rewel jika dia sudah mengantuk tapi tidak diberi kesempatan untuk tidur. Karena itu, pastikan sebelumnya anak Anda cukup mendapatkan tidur. Selain itu, usahakan si kecil langsung tidur 1 jam setelah makan malam. Makan malam sebaiknya di bawah jam 7 malam. Sediakan pula bantal di kendaraan Anda. Jadi, si kecil bisa tidur di mobil atau bus selama perjalanan menuju objek wisata.

Lapar dan Haus Siapkan selalu cemilan kecil untuk mengisi perut di antara jam makan. Selain itu bawa juga beberapa botol air mineral. Jadi jika sewaktu-waktu si kecil kehausan, Anda tidak repot membeli air minum.

Games Seru Anak kecil memang cepat bosan. Apalagi saat masih dalam perjalanan menuju tempat wisata. Karena itu pastikan Anda membawa mainan kesukaan si kecil agar dia tetap sibuk bermain. Bisa juga dengan menciptakan permainan seru selama perjalanan. Misalnya menghitung berapa mobil yang lewat atau menyebutkan warna dari mobil-mobil yang tampak dari jendela mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com