Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banda Aceh Kembangkan Gampong Wisata

Kompas.com - 27/10/2010, 16:06 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Desa wisata akan dikembangkan di Kota Banda Aceh. Upaya pengembangan yang dilakukan Pemerintah Kota Banda Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata ini untuk mendukung tahun kunjungan 2011.

"Ada beberapa desa yang akan dikembangkan menjadi gampong wisata," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banda Aceh Reza Fahlevi di Banda Aceh, Selasa (26/10/2010).

Desa sasaran yang akan menjadi gampong wisata rencananya adalah Punge Blangcut, Ulee Lheue, Kampung Pande, Lampulo, dan Lambung. Pengembangan ini dilakukan untuk mendukung program Visit Banda Aceh Year 2011 yang diluncurkan di Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata pada 19 Oktober 2010.

Fahlezi mengatakan pemilihan desa-desa tersebut adalah berdasarkan objek wisatanya. Kelima gampong ini memiliki objek wisata yang layak jual.

Gampong Punge Blangcut, Kacamatan Jaya Baru memiliki lokasi terdamparnya kapal PLTD apung saat tsunami 26 Desember 2004 menghantam Provinsi Aceh. Sementara Ulee Lheue di Kecamatan Meuraxa terkenal dengan kawasan pantainya. Kampung Pande, Kecamatan Kutaraja, dikenal sebagai pemukiman pertama di Kota Banda Aceh.

"Dan Lampulo, Kecamatan Kuta Alam memiliki objek wisata tsunami, di mana sebuah kapal kayu nelayan terdampar di atap sebuah rumah warga ketika tsunami melanda Aceh," Fahlezi.

Menurutnya, khusus untuk Gampong Lambung, Kecamatan Meuraxa akan dijadikan gampong wisata tsunami. Nantinya wisatawan bisa melihat kehidupan masyarakat secara langsung setelah kawasan ini rata dengan tanah akibat diterjang tsunami enam tahun lalu.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banda Aceh terus mengupayakan pembenahan objek wisata lainnya. Misalnya Masjid Raya Baiturrahman, makam Kesultanan Aceh maupun jejak sejarah Kesultanan Aceh masa lalu, termasuk Kerkoff, dan kompleks kuburan marsose Belanda.

Fahlezi berharap seluruh masyarakat Kota Banda Aceh siap menyambut tahun kunjungan wisata ini, sehingga bisa meningkatkan perekonomian.

"Sektor pariwisata akan menjadi sektor andalan bagi Pemko Banda Aceh. Sektor ini juga akan menggerakkan perekonomian masyarakat. Kami berharap program Visit Banda Aceh Year berjalan sukses," tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com