Minggu, 21 Desember 2014

/ Travel

Perbaikan Objek Wisata Benteng Portugis

Jumat, 5 November 2010 | 16:07 WIB

JEPARA, KOMPAS.com - Objek wisata Benteng Portugis yang terletak di Desa Banyumanis, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara sedang dalam proses perbaikan. Perbaikan sudah mencapai 60 persen.

"Pembangunan yang akan menghabiskan dana sekitar Rp 10 miliar rupiah itu diharapkan selesai lima tahun mendatang," kata Kepala Bidang Pengembangan dan Pengelolaan Pariwisata pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jepara, Zamroni Lestiaza, di Jepara, Kamis (4/11/2010).

Menurut Zamroni, fokus perbaikan tahap pertama berfokus pada pembuatan areal parkir, akses jalan masuk, drainase, dan optimalisasi pantai. Proses perbaikan yang sudah dimulai sejak pertengahan tahun 2010 ini rencananya akan selesai pada tahun 2014.

Lanjut Zamroni, proyek pengembangan wisata sejarah ini merupakan proyek dari Pemerintah Pusat melalui APBN senilai Rp 10 miliar.

"Proyek dari Pemerintah Pusat ini ditangani langsung oleh Dinas Cipta Karya Dan Tata Ruang Pemerintah Provinsi Jateng, sehingga proses lelang berasal dari Pemprov Jateng," katanya.

Meski demikian, Pemkab Jepara akan tetap mengalokasikan dana "sharing". Zamroni mengatakan bahwa proyek dari pemerintah pusat ini ditangani langsung oleh Dinas Cipta Karya Dan Tata Ruang Pemerintah Provinsi Jateng. Sehingga proses lelang berasal dari Pemprov Jateng. Ia berharap setiap tahun akan ada sharing dari Pemkab Jepara maupun dari Pemprov Jateng.

Zamroni juga menjelaskan untuk perbaikan tahap kedua, prosesnya meliputi pintu gerbang utama, taman, dan pohon peneduh. Rencana lainnya adalah pembangunan museum di kawasan tersebut sebagai tempat penampungan benda peninggalan zaman Portugis yang kemungkinan masih tersisa.

Kawasan objek wisata sejarah tersebut juga akan dilengkapi tempat penginapan bagi pengunjung yang dikenal dengan "Kampung Portugis".

"Nantinya, para pengunjung akan dimanjakan dengan nuansa zaman kolonial atau tempo dulu," ujarnya.


Editor : I Made Asdhiana
Sumber: