Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PARIWISATA

Solo Operasikan Bus Tingkat Awal 2011

Kompas.com - 19/11/2010, 20:09 WIB

SOLO, KOMPAS.com - Alat transportasi wisata bus tingkat di Solo rencananya akan mulai beroperasi awal 2011. Bus tingkat ini akan menjadi ikon Solo yang merupakan salah satu kota wisata di Jawa Tengah. Transportasi ini nantinya khusus digunakan untuk melayani wisatawan.

Meskipun sempat tersendat, Kepala Bidang Angkutan Dinas Perhubungan Kota Solo, Indarjo, Jumat (19/11/2010), mengatakan pihaknya yakin sarana transportasi yang digunakan untuk melayani wisatawan tersebut akan selesai dikerjakan hingga akhir 2010.

"Karena pengerjaannya di Magelang, maka beberapa hari ini pengerjaan bus tingkat berhenti sementara akibat lokasi pembuatannya terkena dampak letusan Gunung Merapi," katanya.

Pihaknya optimistis dan mendukung pengerjaan bus tingkat demi tercapainya peningkatan ekonomi rakyat Solo dari segi wisata. Fungsi bus tingkat ini sama seperti kereta wisata Solo atau Sepur Klutuk Jaladara yang diharapkan dapat memberi kenyamanan wisatawan.

Menurut Indarjo, kota Solo sebagai tempat wisata perlu memberikan pelayanan maksimal kepada wisatawan asing maupun domestik.

"Misalnya dengan mengoptimalkan sarana transportasi untuk memudahkan wisatawan berkunjung dari satu tempat ke tempat lainnya," katanya.

Proyek bus ini menghabiskan dana APBD sebesar Rp 1,7 miliar. Bus ini akan berjalan jika ada wisatawan yang memesan bus tersebut untuk mengantarkannya berkunjung ke berbagai tempat wisata yang bisa dijangkau seperti alun-alun Surakarta, kampung batik Laweyan dan Kauman. Bus ini memiliki tinggi 4,5 meter.

"Sama dengan Sepur Klutuk, bus ini tidak dijalankan setiap hari sehingga pengelolaannya akan dikoordinir oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solo," katanya.

Bus ini kini pengerjaannya sudah mencapai 60 persen. Indarjo berharap kehadirannya dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke Kota Solo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com