Sabtu, 20 September 2014

/ Travel

Pariwisata

Wisata Industri, 2011 Direalisasikan

Selasa, 23 November 2010 | 12:50 WIB

CIKARANG, BEKASI, KOMPAS.com - Wisata edukasi industri memiliki konsep berupa kunjungan secara langsung ke sejumlah pabrik produsen produk ternama di Indonesia. Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya, dan Pariwisata Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, akan merealisasikan wacana wisata edukasi industri ini pada 2011.

Wisata edukasi industri ini akan melakukan kunjungan pada industri yang tersebar di Jababeka, MM2100, Lippo Cikarang, Hyundai, Delta Silikon, dan lainnya "Kami telah menjalin koordinasi dengan pengelola tujuh kawasan industri Kabupaten Bekasi dan mendapat respon positif. Mudah-mudahan pada 2011 kita wujudkan," ujar Kepala Disporabudpar Kabupaten Bekasi, Edi Rochyadi, di Cikarang, Senin (22/10/2010).

Gagasan tersebut akan melibatkan peran para Duta Wisata Kabupaten Bekasi yang tergabung dalam Paguyuban Abang-Mpok setempat. Mereka akan bertindak sebagai tim sosialisasi sekaligus negosiator terhadap calon wisatawan. "Kami telah memetakan pangsa pasar dari wisata edukasi industri. Diantaranya, pelajar dan mahasiswa serta kalangan keluarga yang tersebar di Jabodetabek," ujar Edi.

Kawasan industri di Kabupaten Bekasi diklaim sejumlah pihak sebagai kawasan terbesar di Asia Tenggara dengan jumlah pabrik mencapai lebih dari 4.500 unit. Sehingga memiliki banyak potensi positif bagi pendidikan ilmu bisnis, produksi, dan segala hal yang  berkaitan dengan industri kepada para wisatawan.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Abang-Mpok Kabupaten Bekasi, Fauzi Ahmad, mengaku telah mempersiapkan sedikitnya 20 anggota untuk mensukseskan wacana itu. Anggota-anggota ini tergabung dalam paguyuban angkatan 2007 hingga 2009 ditambah 20 pasangan calon Duta Wisata 2010.

"Para peserta Abang-Mpok 2010 dan 20 pengurus paguyuban akan berkunjung ke PT Indofood di Kecamatan Cibitung pada 25 November 2010 sebagai proyek percobaan untuk wacana wisata industri," katanya.

Fauzi menjelaskan rombongan akan melakukan kajian tentang sektor wisata di pabrik tersebut yang dapat memiliki dampak positif bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD). "Kunjungan ke PT Indofood akan sangat bermanfaat pengetahuan kami tentang cara membuat mie instan, ilmu pemasaran, dan sebagainya," kata Fauzi.


Editor : Glori K. Wadrianto
Sumber: