Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zeby Gencar Kampanye Komodo di UEA

Kompas.com - 24/11/2010, 15:45 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Zeby Febrina, pegiat Komodo beraksi di Uni Emirat Arab (UEA). Dengan gencar Zeby melakukan promosi mengenai Komodo serta terpilihnya Taman Nasional Komodo sebagai 7 Keajaiban Dunia Baru untuk kategori alam versi www.new7wonders.com. Promosi di UEA oleh Zeby ini berlangsung 10-18 November 2010.

"Yang dituju Uni Emirat Arab karena di sana sistem voting bisa melalui SMS, jadi targetnya bagus," jelas Zeby Selasa (23/11/2010) kepada Kompas.com. Proses voting bisa dilakukan melalui internet dengan mengunjungi www.new7wonders.com. Namun beberapa negara sudah menerapkan voting melalui SMS. Sayangnya di Indonesia, proses voting lewat SMS ini belum bisa dilakukan.

Menurut Zeby, promosi yang dilakukannya adalah dengan berkampanye di WNI yang menetap di UEA. Pada acara pengajian yang diselenggarakan KBRI Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UAE), Zeby sempat presentasi mengenai Pulau Komodo. Sementara itu saat Idul Adha, Zeby berkesempatan melakukan kampanye dan sekitar seribu orang Indonesia yang hadir langsung melakukan voting lewat SMS.

"Cara voting-nya sangat mudah, cukup ketik Komodo kirim ke 3888, lalu langsung dapat jawaban kalau sudah ikut vote," cerita Zeby. Biaya kirim SMS sebenarnya agak mahal, namun warga Indonesia malah antusias mengirim SMS sampai berkali-kali.

Selain promosi ke sesama warga Indonesia, Zeby juga mendatangi objek-objek wisata yang ada di UEA. Di sana, Zeby membawa patung Komodo yang menarik perhatian pengunjung. Dengan cara ini, Zeby berhasil memperkenalkan Komodo tidak hanya warga setempat tapi juga turis-turis manca negara.

Zeby sendiri tidak menyangka sambutan warga Indonesia maupun penduduk UEA sangat besar dalam memberi dukungan pada Komodo.

"Jujur, ini di luar ekpektasi dan merupakan promosi yang sangat efektif," kata Zeby. Zeby berharap di Indonesia akan segera bisa melakukan sistem voting melalui SMS sama halnya seperti di UEA.

Sementara itu, menurut Ratna Suranti, Kasubdit Promosi Elektronik Direktorat Sarana Promosi Depbudpar sekaligus salah satu Official Supporting Committee Komodo For New7wonders, sistem voting lewat SMS di Indonesia masih harus menunggu beberapa hal. Karena perlu adanya persetujuan antara pihak panitia New7wonders dengan provider telekomunikasi di Indonesia.

Dalam hal ini, pihak Kemenbudpar sifatnya hanya memfasilitasi di antara kedua pihak. Ratna mengatakan bahwa tidak hanya satu provider yang terlibat tapi akan ada beberapa provider. Saat ditanya kapan sistem ini akan mulai berjalan, Ratna menjawab bahwa seharusnya tidak akan lama lagi.

Ratna menaruh harapan besar pada sistem voting SMS ini. "Terus terang voting dari internet itu lama dan susah. Sementara handphone semua orang punya dan seperti di Uni Emirat Arab, cara voting SMS gampang sekali," jelas Ratna.

Pulau Komodo hingga saat ini bersaing ketat dengan nominator lainnya untuk memperebutkan posisi sebagai salah satu dari tujuh keajaiban dunia kategori alam. Pengumuman pemenang akan diumumkan pada 11 November 2011. Siapapun bisa ikut memilih dengan mengunjungi www.new7wonders.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com