Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Kue Pot-pot? Datang ke Monas!

Kompas.com - 03/12/2010, 21:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Jakarta Pusat menyelenggarakan bazar makanan dan minuman khas dari seluruh wilayah Indonesia di Taman Monumen Nasional pada Sabtu (4/12/2010) dan Minggu (5/12/2010). "Besok seluruh makanan dan minuman dari seluruh wilayah Indonesia akan dijajakan di Taman Monas," kata Wali Kota Jakarta Pusat, Saefullah, Jumat (3/12/2010).

Makanan seperti sup konro dan ikan kuah dari Makassar, soto banjar (Kalimantan), kue bika ambon dan soto medan (Medan), kue delapan jam (Palembang), empal gentong dan tahu gejrot (Cirebon), dendeng Balado (Padang), bubur Manado (Manado), memang sudah dikenal luas di masyarakat.

"Tapi tahukah masyarakat dengan menu lainnya seperti kue pot-pot dari Papua, es palu butung, sayur babanci dan bubur ase (Betawi)," kata Saefullah.

Menurut Saefullah, masyarakat penggemar kuliner bisa datang ke Taman Monas untuk mencicipi kelezatan seluruh makanan tersebut. Masyarkat bisa membelinya dengan menggunakan kupon yang diperoleh dari Suku Dinas Pariwisata Jakarta Pusat.

Kepala Sudin Pariwisata Jakpus, Triyuga Prasetio mengatakan kegiatan tersebut bertemakan "Ragam Pesona Kuliner Nusantara". Peserta berjumlah 50 stan yang berasal dari unsur pedagang kaki lima/usaha kecil menengah makanan dan minuman dari  berbagai provinsi.

Selain pagelaran makanan khas Nusantara, dalam kegiatan tersebut juga diadakan lomba stan terunik dari masing-masing daerah. Tidak hanya itu, masyarakat yang mengunjungi pagelaran ragam pesona kuliner Nusantara juga akan dihibur  berbagai kesenian tradisional seperti tarian daerah, fashion show pakaian daerah, senam aerobik dan fun bike.

Harapannya, tambah Triyuga, pagelaran "Ragam Pesona Kuliner Nusantara" memberikan dampak yang baik untuk kepentingan institusi dan industri pariwisata Jakarta sekaligus mampu mempromosikan kawasan Monas sebagai objek wisata unggulan Jakarta Pusat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com