Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PARIWISATA

Cousteau dan Resor Ramah Lingkungan

Kompas.com - 06/12/2010, 17:15 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Jean-Michel Cousteau seorang Perancis yang dikenal sebagai penjelajah dan ahli lingkungan. Ia berkeliling dunia mengampanyekan pelestarian lingkungan dan pentingnya laut bagi manusia. Ocean Futures Society adalah organisasi nirlaba yang bergerak di bidang konservasi maritim.

Cousteau merupakan pendiri organisasi tersebut. Di pulau Fiji, terdapat resor yang bernama Jean-Michel Cousteau. Resor ini pernah memenangkan penghargaan di bidang pariwisata sebagai resor ramah lingkungan terbaik.

Menurut Cousteau yang ditemui Kompas.com saat acara WISDOM 2010 di UGM, Yogyakarta, Senin (6/12/2010),  resor ini sebenarnya bukan miliknya. Tapi memang resor ini telah ikut membantu Ocean Futures Society. "Kami memberitahukan mereka apa yang harus dilakukan agar menjadi resor yang ramah lingkungan," kata Cousteau.

Cousteau menuturkan bahwa Indonesia berpotensi membuat resor-resor ramah lingkungan. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah akses ke penduduk setempat. "Resor bergantung pada penduduk setempat serta memberikan mereka pekerjaan," jelasnya.

Selain itu, penduduk setempat menyediakan kebudayaan lokal bagi pengunjung. Karena itu, lanjut Cousteau, resor yang baik merangkul penduduk setempat bukannya merusak kehidupan penduduk maupun lingkungannya.

"Seperti yang kami lakukan pada resor di Fiji. Saya mengumpulkan penduduk setempat dan berkonsultasi pada mereka. Saya bilang kepada mereka bahwa ini tempat kalian jadi tidak ada seorang pun yang bisa mengambilnya," katanya.

Cousteau mengaku ia tidak begitu mengenali laut di Indonesia. Karena ia tidak begitu sering mampir ke Indonesia walaupun ia berharap bisa lebih sering datang. "Saya pernah ke Komodo dan Bali. Tapi saya terkesan dengan keberagaman budaya yang Indonesia miliki," katanya.

Ia berharap suatu hari dapat membuat dokumenter mengenai lautan Indonesia. Cousteau juga terkenal sebagai ahli membuat film dokumenter mengenai konservasi laut.

Sebagai penutup perbincangan, Cousteau menceritakan jika sedang berwisata ke Bali, ia malah lebih sering menghabiskan waktu di gunung daripada di laut. "Saya ingin merasakan budaya setempat. Jadi saya mencari tempat yang tidak ada turisnya," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com