Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Udang Lembah Serayu

Kompas.com - 03/01/2011, 11:31 WIB

KOMPAS.com - Mungkin dari nama tempatnya cukup unik, yaitu Lembah Serayu, karena memang berada di Lembah Sungai Serayu, tepatnya berada di tepi Jalan Raya Purwokerto - Bandung KM 17.

Kami datang pada saat jam makan siang sudah lewat, jadi terasa agak sepi. Meskipun tempatnya cukup sederhana, namun keramahan Ibu Suryati, pemilik rumah makan Lembah Serayu ini, membuat suasana menjadi lebih menyenangkan. Kami pun sempat mengobrol dengan beliau.

Ibu Aryati menceritakan sedikit mengenai awalnya membuka Warung Pojok Lembah Serayu ini, beliau memulainya pada tahun 1980. Setiap hari buka mulai jam 08.00 sampai dengan 20.30. Menurut Aryati, Lembah Serayu sudah menjadi langganan para pejabat daerah Jawa Tengah, seperti bupati Purwokerto, bupati Cilacap, bupati Purbalingga bahkan Gubernur Jawa Tengah pada saat itu, yaitu Bapak Mardianto (mantan Menteri Dalam Negeri).

Menu yang disajikan di sini juga cukup unik dan mungkin jarang bisa ditemui di tempat lain, disini menyediakan Ikan Lunjar, Udang kali goreng, Udang kali masak bumbu rujak, pecak dan asam manis, semuanya berasal dari sungai (kali) Serayu yang terbentang luas di seberang rumah makan ini.

Jenis udang yang ada disini adalah udang 'watang', yang biasanya banyak ditemukan pada musim terang. Ada juga jenis udang Tepus dan Dogol. Kemudian ada juga Sayur Urap, Botok/Kluban, dan sayur bunga kecombrang. Makanan ini juga termasuk jarang ditemukan di tempat lain.

Akhirnya makanan kami datang juga, saya dan teman-teman langsung menyantap udang-udang dari Lembah Serayu ini. Kami mencoba udang kali goreng dan ikan lunjar khas Lembah Serayu, dan ternyata memang enak dan rasanya lumayan gurih, jadi bila Anda sedang melewati Jalan Raya Purwokerto - Bandung di KM17, cobalah mampir untuk mencoba kelezatan makanan khas rumah makan Lembah Serayu. Sangat menggoda lidah... (Yudi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com