Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obyek Wisata Kaliurang Mulai Pulih

Kompas.com - 10/01/2011, 21:18 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Obyek wisata Kaliurang di kawasan kaki Gunung Merapi bagian selatan di wilayah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, saat ini kondisinya mulai pulih, setelah beberapa bulan sepi pengunjung karena terkena dampak bencana erupsi Merapi.

"Wisatawan nusantara dan wisatawan mencanegara mulai banyak terlihat mengunjungi obyek wisata ini," kata Ketua Paguyuban Pedagang Kaliurang Kabupaten Sleman Christian Awuy, di Yogyakarta, Senin (10/1/2011).

Ia mengatakan, aktivitas yang mulai normal di kawasan obyek wisata Kaliurang ini akan berdampak positif bagi pemulihan perekonomian masyarakat setempat dan sekitarnya sehingga para pedagang memperoleh penghasilannya kembali secara rutin.

"Ketika terjadi erupsi Merapi pada 2010 banyak pedagang di obyek wisata Kaliurang terpaksa mengungsi dan tidak berjualan di kawasan itu," katanya.

Menurut Christian, setiap libur akhir pekan banyak rombongan keluarga berekreasi di Kaliurang. "Meskipun di beberapa lokasi, bekas 'keganasan' Merapi masih bisa dilihat, antara lain, dengan gundulnya kawasan hutan setempat," katanya.

Sementara itu, tampak penjual makanan khas Kaliurang, seperti jadah tempe dan pisang emas, masih menjadi perhatian wisatawan yang berkunjung, khususnya di kawasan Tlogo Putri.

Sedangkan sebagian wisatawan dengan menumpang kereta mini berkeliling menikmati pemandangan alam di kawasan setempat. "Obyek wisata alam pegunungan ini memang cocok untuk rekreasi keluarga sehingga wisatawan yang datang sebagian besar adalah rombongan keluarga," kata Christian Awuy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com