Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PARIWISATA

Clipper Odyssey Singgah di Banda Aceh

Kompas.com - 10/01/2011, 21:43 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Sebanyak 105 turis mancanegara yang menumpangi kapal pesiar MV Clipper Odyssey mengunjungi sejumlah obyek wisata di Kota Banda Aceh. Kedatangan turis asing tersebut disambut dengan upacara adat yang dipimpin oleh Wakil Wali Kota Banda Aceh Illiza Saaduddin Djamal di Pelabuhan Ulee Lheue, Senin (10/1/2011).

Dari Pelabuhan Ulee Lheue, rombongan turis dibawa ke Masjid Raya Baiturrahman, Kompleks Makam Sultan Iskandar Muda, dan berkunjung ke obyek wisata tsunami Kapal PLTD Apung.

Mike Messick, pimpinan rombongan wisatawan, di sela upacara penyambutan, mengatakan, kedatangan mereka ke Kota Banda Aceh dalam rangka tur wisata pendidikan. "Wisatawan ini berasal dari sejumlah negara. Kami berangkat dengan kapal pesiar dari Singapura, mengunjungi sejumlah tempat di Pulau Sumatera," katanya.

Sebelum berkunjung ke Kota Banda Aceh, wisatawan mancanegara tersebut juga berwisata ke Kabupaten Aceh Utara. Selanjutnya, mereka ke Pulau Nias, Sumatera Utara, dan Ujung Kulon, Provinsi Banten. "Kami senang berkunjung ke Kota Banda Aceh. Banyak obyek wisata yang mampu menarik minat masyarakat internasional, terutama wisata tsunami," kata Messick.

Sementara Wakil Wali Kota Banda Aceh Illiza Saaduddin Djamal mengatakan, kedatangan wisatawan asing bagian dari program tahun kunjungan wisata 2011. "Dengan kedatangan mereka menunjukkan Pemkot Banda Aceh siap melaksanakan Visit Banda Aceh Year 2011. Kami berharap akan banyak kunjungan wisatawan serupa ke ibu kota Provinsi Aceh ini," katanya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banda Aceh Reza Fahlevi mengatakan, kapal pesiar MV Clipper Odyssey membawa turis mancanegara dari Amerika Serikat, Kanada, Australia, Afrika Selatan, Spanyol, Inggris, dan Selandia Baru.

Kunjungan mereka ke Banda Aceh bertujuan ingin melihat secara dekat budaya Aceh dan pesona alamnya, serta wisata tsunami, yang hanya ada Banda Aceh.

Di pelabuhan, kata dia, wisatawan internasional itu disambut dengan pengalungan bunga diiringi tarian Ranup Lampuan sebagai manifestasi peumulia jame memuliakan jamu. "Rombongan kapal pesiar ini singgah di Banda Aceh dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Kami mengharapkan kunjungan kapal pesiar ini bisa terus berlanjut di masa mendatang," tambah Reza Fahlevi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com