Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Lengkap Carita-Labuan

Kompas.com - 16/01/2011, 11:22 WIB

KOMPAS.com — Kawasan barat Pulau Jawa punya pesona tersendiri. Apalagi, lokasinya relatif dekat dari Jakarta sehingga menarik bagi warga Ibu Kota. Daerah pesisir, Anyer, Carita, Labuan, hingga Tanjung Lesung menawarkan segala jenis rekreasi. Wisata di pedalaman juga menawan.

Wisata daerah pesisir di kawasan ini terbilang lengkap. Ada wisata petualangan, wisata air, wisata sejarah, hingga wisata kuliner.

Berlibur di kawasan ini menyenangkan karena seluruh anggota keluarga dapat menikmati. Wisata petualangan, misalnya menjelajah Gunung Anak Krakatau, Taman Nasional Ujung Kulon, Baduy, atau berjalan-jalan menyusuri sawah di pedesaan. Wisata air pun tak kalah menarik, mulai dari menikmati kolam renang atau water park yang ada di mayoritas hotel, banana boat, jetski, berperahu, hingga memancing.

Bagi peminat wisata sejarah, ada beberapa lokasi yang patut dikunjungi, misalnya mercusuar peninggalan Belanda di Desa Cikoneng; Masjid As-Syalafiah Caringin, serta makam ulama ternama KH Syekh Asnawi Abdurrohman di Kampung Caringin, Desa Caringin, Kecamatan Labuan; dan Masjid Jami Al-Khusaeni. Masjid As-Syalafiah Caringin memiliki keistimewaan yakni adanya jam matahari yang disebut pula mizwalah atau bencet.

Wisata kuliner primadona di daerah pesisir tentu saja aneka hidangan laut. Ada banyak restoran dan rumah makan yang menawarkan menu sup ikan, bermacam ikan bakar, dan otak-otak. Salah satu rumah makan tenar untuk otak-otak adalah RM Bu Entin di Jalan Raya Labuan, Encle, Labuan.

Sepanjang jalan, banyak hotel memiliki suasana khas, misalnya bergaya ala Bali, modern, tradisional, hingga etnik.

Jika Anda ingin suasana lain, seperti menari hula-hula dan menikmati luau alias pesta makan sembari mendengarkan sajian musik khas Hawaii, satu-satunya tempat yang menawarkan kegiatan tersebut adalah Club Bali Hawaii Resort.

Selain memiliki water park, hotel ini juga memiliki lapangan tenis, ruang fitness, arena outbound, biliar, karaoke, spa dan sauna, arena olahraga, dan sunset bar. Untuk kegiatan serius dan formal, hotel ini menyediakan ruang konferensi.

”Pariwisata di Anyer-Carita-Labuan belum pulih benar. Namun, sejak akhir tahun kembali ramai. November lalu banyak pengunjung yang membatalkan pemesanan hotel karena takut letusan Gunung Anak Krakatau. Mereka yang membatalkan pemesanan akhirnya mengalihkan acaranya untuk Februari nanti,” ujar Wakil Presiden Operasional Club Bali Hawaii Resort, Sake Scharringa.

Okupansi hotel-hotel di kawasan Anyer-Carita-Labuan pada November 2010 turun drastis. Berbeda dengan RM Bu Entin. Di rumah makan yang menawarkan sajian beragam hidangan laut itu, pengunjung selalu ramai. Puluhan ribu bungkus otak-otak pun selalu terjual.

Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com