Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dunia Imajinasi di Nantes

Kompas.com - 11/02/2011, 09:03 WIB

KOMPAS.com - Pernahkah anda bayangkan berada dalam suatu tempat dimana hanya mesin raksasa berada di sekeliling kita? Dunia imajinasi seperti itu bisa kita temukan di Nantes, Perancis. Tepatnya di  Les Machines de l'ile, kepulauan kota Nantes.

Les Machines de l'ile Nantes, sudah menjadi impian anak kami untuk mengunjunginya sejak dirinya mendengar cerita dari kerabat kami yang datang berlibur ke kota kami di Montpellier. Mereka bermukim di Nantes. Dan bercerita bagaikan dunia imajinasi di Machines de l'ile Nantes, bisa membuat kita seakan berada di dunia khayalan.

Saat akhirnya kami sekeluarga bisa mendatangi tempat tersebut, tentu saja Adam langsung jingkrak kegirangan.

Saya coba hubungi pengurus di sana, untuk mendapatkan informasi selengkapnya. Karena perjalanan ke Nantes dari Montpellier lumayan jauh, 826 km. Jarak tempuh sekitar 7 hingga 8 jam perjalanan dari kota kami dengan mobil. Dengan kereta lebih repot lagi! Tak ada kereta yang langsung menuju ke Nantes, harus lewat Paris atau kota lainnya. Jadilah kami memilih menggunakan mobil. Dan tentunya harus menginap. Beruntung untuk penginapan kami bisa bermalam di rumah teman.

Nantes kota yang indah, hampir mirip dengan Montepellier. Berada 10km dari laut atlantik.  Uniknya kota Nantes terpisah oleh sungai La Loire hingga ada istilah  kepulauan Nantes dalam kota itu sendiri.

Tapi kali ini saya tak ingin bercerita panjang soal kota Nantes yang indah, namun hanya mengenai Machines di kepulauan Nantes. Mengapa? Karena di sinilah dunia imajinasi lahir berbentuk nyata dapat disentuh, dinaiki dan dinikmati oleh pengunjungnya.

Selama ini bila kita melihat film dunia hayalan, misalnya, film dengan hewan  raksasa dimasa lalu, seperti Jurassic Park dengan dinosaurus atau ular laut raksasa dalam film petualangan...nah! di Machines Nantes inilah yang tadinya hanya bisa dilihat secara fiksi bisa jadi nyata.

Les Machines di Kepulauan Nantes adalah sebuah proyek artistik yang luar biasa yang belum pernah kita lihat sebelumnya. Lahir dari imajinasi Pierre François dan Delarozière Orefice, keduanya merupakan seniman dengan kekayaan imajinasi dan teknik karya seni luar biasa.

Dunia khayalan Jules Verne yaitu penulis Perancis yang terkenal dengan kisah petulangannya dipadukan dengan imajinasi dari Leonardo da Vinci, oleh kedua seniman Pierre Francçois dan Delarozière Orefice menjadi benda nyata berupa mesin raksasa. Ide gemilang ini dilaksanakan dalam sebuah tempat di kepulauan Nantes yang tadinya merupakan bekas galangan kapal.

Petualangan di luar waktu

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com