Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lezatnya Udang Galah Bakar Sunda Kelapa

Kompas.com - 14/02/2011, 12:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain menawarkan pemandangan indah, Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara ternyata juga menawarkan sejumlah tempat kuliner dengan menu lezat. Salah satunya, Pondok Makan Baronang yang terletak di Jalan Baruna Raya, Sunda Kelapa.

Selain menyediakan menu andalan berupa ikan baronang, pondok makan ini juga menyediakan menu lainnya berupa udang galah bakar. Bahkan, udang galah bakar di tempat ini kelezatanya telah banyak memikat hati para pelanggan. Perpaduan antara bumbu rahasia dan udang segar ditambah sambal acar mendatangkan sensasi rasa nikmat yang alami.

Pelanggan yang datang ke tempat ini dijamin puas. Selain lezat, udang galah bakar yang disajikan berukuran besar. Satu ekor udang galah beratnya bisa mencapai 200 hingga 300 gram. Untuk setiap porsi berisi empat ekor udang galah bakar dijual seharga Rp 80.000.

"Biasanya udang galah di tempat lain selalu berasa tanah, tapi di sini tidak. Menu udang galah bakar di sini benar-benar segar dan lezat," kata Rudi (46), salah satu pelanggan Pondok Makan Baronang, Jumat (11/2/2011).

Rusli Patta Raja atau yang akrab disapa Daeng Raja (36), pemilik Pondok Makan Baronang, mengaku selalu mengedepankan kualitas dengan mendatangkan udang-udang pilihan dari luar Jawa seperti Lampung, Banjarmasin, dan Balikpapan. Selanjutnya, udang-udang itu diolah menggunakan resep rahasia khas masakan Makassar oleh juru masak andalan di pondok makan tersebut.

"Udang kita bakar dengan menggunakan jeruk nipis dan dibuat khas masakan Makassar," ujar Daeng Raja.

Selain udang galah bakar, beberapa menu masakan berbahan udang galah juga tersedia. Di antaranya, udang galah goreng mentega seharga Rp 80.000, udang galah asam manis Rp 85.000, udang galah chili sauce Rp 85.000, dan udang galah rebus Rp 80.000.

Bagi yang kurang suka pada udang, tidak perlu khawatir. Karena Pondok Makan Baronang juga menyediakan menu hasil laut lainnya seperti ikan, cumi, dan kepiting.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com