Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Adakah Texas Fried Chicken di Texas?

Kompas.com - 17/02/2011, 09:11 WIB

KOMPAS.com - Adakah Texas Fried Chicken di Texas? Pertanyaan itu sangat membuat saya penasaran dan ingin segera mengetahui jawabannya langsung sebelum saya berangkat ke Texas. Bagaimana tidak penasaran? Begitu rekan-rekan tahu saya akan melanjutkan kuliah di Texas, saya bisa bilang 99 persen dari mereka akan berkata, “Wah, Texas Friend Chicken, dong!” atau “Pasti banyak ayam, kan Texas Fried Chicken?” atau, “Oleh-olehnya Texas Friend Chicken aja, ya?”

Begitu tiba di sana, hem… saya lihat di sekeliling saya, di setiap jalanan yang saya lewati di beberapa kota besar dan kecil di Texas. Dari belasan kota yang pernah saya lewati, tak ada satu pun, sekali lagi tidak ada satu pun restoran yang bernama Texas Fried Chicken.

Akhirnya, penasaran, saya pun bertanya pada profesor yang menyambut saya dan mengajak saya makan di sebuah restoran, topik yang tepat, mengingat kami sedang menyantap hidangan. “Adakah Texas Friend Chicken di sini?" tanya saya.

Hampir tersedak mereka berkata, “Apa? Baru pertama kami dengar!”

Ketika saya ceritakan betapa terkenalnya restoran ini di Indonesia, apalagi restoran yang memakai nama negara bagian Kentucky dan California, mereka pun terheran-heran dan tak kuasa menahan tawa, sekaligus bangga. Sayapun bengong.

Kemudian, mereka pun bercerita kalau di Texas, alih-alih terkenal dengan fried chicken atau bahasa kerennya ayam goreng lebih terkenal dengan barbecue, dimana tentu menu utamanya daging merah - babi dan sapi -dan juga ayam. Tapi, daging merah lebih umum. Mereka bilang dengan percaya dirinya, sampai saya penasaran sekali dan akhirnya sayapun berkesempatan mengunjungi salah satu barbecue di daerah Luling, Texas.

Begitu saya sampai di sana, antrean panjang sekali. Bangku-bangku penuh. Untunglah, pelayanan yang super cepat dan efisien membuat kami tidak mengantri begitu lama, ya, cuma setengah jam. Mengantre tidaklah unik, mungkin sudah biasa apalagi kalau restorannya terkenal dengan harga yang terjangkau.

Yang unik dari restoran ini diantaranya:

Pertama. Harus membayar tunai, kartu debit atau kredit tidak diterima di sini (cukup “tradisional atau kuno” mengingat betapa kartu debit dan atau kredit jauh lebih umum digunakan di Amerika dibanding uang tunai). Tidak bawa uang tunai? Tenang saja,  di dalam restoran ini, ya, di dalamnya, ada ATM.

Kedua. Jangan berharap disediakan piring, entah untuk menghemat pengeluaran agar harga makanan tetap terjangkau atau alasan lain, kami hanya diberi kertas seperti untuk nasi bungkus dengan ukuran besar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com