Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPW Mulai Siapkan Paket Wisata ke Mesir

Kompas.com - 18/02/2011, 08:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Krisis Mesir tidak memberikan dampak yang signifikan terhadap kegiatan penjualan paket wisata ke Mesir oleh biro perjalanan wisata (BPW) Indonesia. Wakil Ketua ASITA Jakarta Rudiana mengatakan bahwa sebelum Presiden Hosni Mubarak lengser, semua BPW membatalkan perjalanan ke Mesir.

"Semua travel agent membatalkan ke Mesir dan dialihkan ke daerah lain, yaitu ke Dubai. Insentif group termasuk juga wisata religi yang ke Mesir, kunjungan dipindahkan ke negara-negara lain di wilayah timur tengah," kata Rudiana, Kamis (17/2/2011).

Selain Dubai dan Abu Dhabi, daerah lain yang menjadi pilihan pengganti Mesir adalah Turki dan Yordania. Sementara itu, sejak Mubarak turun, BPW sudah mempersiapkan paket-paket ke Mesir yang akan dijual dalam waktu dekat.

"Kebetulan sekarang low season, April biasanya sudah mulai jualan lagi untuk liburan sekolah, ini untuk wisata reguler," ungkapnya. Walaupun ia mengaku hingga saat ini belum ada yang menanyakan paket wisata ke Mesir. Sebagian besar calon wisatawan menunggu perkembangan Mesir terlebih dahulu.

"Memang Mesir banyak dipakai travel agent untuk destinasi pilgrimeage atau wisata religi. Dampak langsung memang tidak, karena bulannya juga bukan bulan ramai. Yang kita takutkan adalah krisis politik menyeret ke negara-negara lain di Timur Tengah. Karena wisata religi itu mengunjungi beberapa negara di Timur Tengah," jelasnya.

Danie Susilo dari Paradiso Erabali Holidays yang biasa menangani wisata religi, menyebutkan untuk mengetahui dampak dari krisis mesir terhadap calon wisatawan Indonesia baru bisa dilihat di bulan Maret dan April.

"Wisata ke Mesir biasanya dikaitkan dengan umroh. Visa untuk umroh baru dibuka tiga bulan setelah haji, jadi di bulan Februari ini baru dibuka. Maret sampai Mei baru berangkat umroh. Kami biasanya menjual wisata ke Mesir saat pembukaan umroh. Sebagian besar peminat umroh, paling menunda keberangkatan ke Mesir atau minta pindah ke negara lain," jelasnya.

Ia menambahkan bahwa biro perjalanan wisata asal Mesir yang menjadi mitra dari bps Indonesia sebagian besar mengajak kembali berpromosi di bulan April.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com