Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjelajahi Negeri dengan Sepeda Motor

Kompas.com - 21/02/2011, 14:49 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comBiker Wulung Damardoto dan fotografer Aditya Birawa menjelajahi Indonesia dalam program Indonesia Exploride  yang unik dan penuh petualangan. Wulung menyusuri Indonesia dalam waktu 184 hari dengan mengendarai sepeda motor. Program tersebut didukung oleh Djarum Foundation, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, serta beberapa pihak swasta sebagai sponsor.

"Perjalanan nanti didokumentasikan dalam foto, video, dan jurnal. Jadi, ini seperti reality show, akan terlihat seru dan uniknya. Rute-rutenya pun tidak diatur supaya semakin seru. Jalan dengan sendirinya. Let's get lost," ucap Wulung saat jumpa pers Indonesia Exploride di Blitz Grand Indonesia, Jakarta, Minggu (20/2/2011). Menurut Direktur Jenderal Nilai Budaya, Seni, dan Film Ukus Kuswara, program tersebut dapat mendorong masyarakat Indonesia lebih mengenal negerinya.

"Masyarakat jadi lebih menghargai kemajemukan bangsa. Program ini lebih mengenalkan lagi budaya Indonesia karena Indonesia memiliki kekayaan alam dan budaya yang luar biasa. Dengan program ini, semua pelosok bisa dijangkau," katanya.

Ia meminta  potensi dan kearifan lokal setiap daerah yang dilewati lebih diangkat.

Lebih dari 200 titik akan dikunjungi. Nantinya hasil penelusuran daerah-daerah yang dilewati Wulung bisa dijadikan paket wisata petualangan.

Ukus menuturkan, hal tersebut bisa menjadi peluang bisnis biro perjalanan wisata. "Nanti bisa kami tentukan jalanan yang bisa dilewati dan dijual paket turnya," kata Wulung.

Menurut Wulung, paket tur petualangan ini akan dilepas ke wisatawan domestik dan mancanegara. Namun, target pasar adalah wisatawan asing sebesar 60 persen.

"Harganya tidak akan lebih mahal dari paket tur serupa yang dijual Kamboja dan Vietnam," kata Wulung.

Ia menambahkan, di Kamboja dan Vietnam sudah ada paket tur dengan sepeda motor berkapasitas di atas 250 cc.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com