Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Exploride Jelajahi Babel

Kompas.com - 28/02/2011, 09:14 WIB

PANGKALPINANG, KOMPAS.com - Setelah dilepas Minggu (20/2/2011) di Jakarta, bikers Wulung Damardoto dan fotografer Aditya Birawa saat ini berada di Provinsi Bangka Belitung. Ini merupakan langkah awal untuk menjelajahi bumi nusantara selama 184 hari dengan menempuh jarak 19.100 kilometer. Bagi Ungki, panggilan akrab Wulung Damardoto, Indonesia Exploride yang salah satunya didukung Djarum Apresiasi Budaya ini sungguh perjalanan menantang dan sekaligus mewujudkan impian besarnya untuk menggali potensi budaya Indonesia yang kaya raya.

Tidak mudah mewujudkan semua itu. Ungki harus mempersiapkan diri, baik fisik dan mental untuk menyusuri jalan-jalan di Sumatera, menggali potensi budaya dan memperkenalkan kekhasan kuliner daerah tersebut demi cita-cita besar dan sejalan dengan program Kementerian dan Kebudayaan yakni Wonderful Indonesia.

Keliling Indonesia dengan sepeda motor keluaran BMW jelas merupakan tantangan sekaligus peluang bagi Ungki. "Motor ini dirancang untuk jalan-jalan bergelombang, pokoknya jalan jelek lah. Inilah nikmatnya menjelalajahi alam Indonesia," kata Ungki.

Sementara Ditto, panggilan akrab Aditya Birawa, seorang juru kamera dan forografer tetap setia mendampingi Ungki mengabadikan perjalanan ini. Ungki dengan sepeda motornya melesat terlebih dahulu, sementara dua mobil pendamping akan mengikuti. "Motor ini dilengkapi GPS. Jadi tim pendamping tidak mungkin salah jalur, karena kami sudah sepakati titik-titik pertemuan," kata Ungki di Pangkalpinang, Sabtu (26/2/2011).

Di setiap kota yang dikunjungi, Tim Indonesia Exploride akan didampingi para artis yang berasal dari daerah tersebut. Seperti di Bangka, tim didampingi Sandra Dewi. Sandra dengan wajah yang selalu tampil fresh itu mempromosikan budaya dan tempat-tempat wisata di Bangka Belitung sekaligus kekayaan kuliner provinsi ini. Tak pelak saat pengambilan gambar memperkenalkan kuliner daerah ini seperti Hok Lo Pan (martabak khas bangka), warga Pangkalpinang sangat aktif mengikuti dan menyambut kedatangan Sandra Dewi, yang lahir dan menghabiskan pendidikan SMA di Bangka.

Saat berita ini diturunkan, Tim Indonesia Exploride menjelajahi Pulau Belitong. Selanjutnya Ungki dan kawan-kawan akan menjelajahi tak kurang dari 51 titik lokasi tujuan di Sumatera. Setelah Lampung dan Babel, tim melanjutkan perjalanan ke Pekanbaru, Siantar, Samosir, Gunung Sibayak, Taman Nasional Gunung Leuser, Kepulauan Sabang, Pantai Sorake, Bukittinggi.

"Saya optimis, Indonesia Exploride 2011 akan mampu membuat masyarakat Indonesia lebih mengenal, mencintai dan bangga terhadap bangsanya sendiri. Potensi wisata Indonesia sangat banyak, beragam dan kaya," ujar Ungki.

Ungki mengakui Indonesia Exploride yang digagasnya itu mendapat sambutan positif darai para kepala daerah, mulai gubernur, bupati sampai kapolda. Pasalnya, potensi wisata untuk para bikers, tambah Ungki, sangat menjanjikan. Kini perjalanan Ungki, Ditto dan kawan-kawan masih 18.000 kilometer lagi. Namun apa yang telah dilakukan Ungki dan Ditto adalah bukti nyata untuk memperkenalkan budaya, kekayaan wisata dan kuliner Indonesia untuk wisatawan dalam dan luar negeri, terutama para bikers.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com