Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AirAsia X Tambah Airbus A330-200

Kompas.com - 28/02/2011, 19:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai AirAsia X, afiliasi dari grup AirAsia yang khusus mengoperasikan penerbangan jarak jauh berbiaya hemat, telah menandatangani kontrak untuk tiga pesawat baru tipe A330-200.

Pemesanan itu diimbuhi pilihan penambahan dua pesawat lagi, sehingga membuat total pesanan maskapai menjadi 28 pesawat untuk tipe A330. Dengan jadwal pengiriman mulai tahun 2014, pesawat baru itu akan beroperasi untuk berbagai tujuan di Eropa, Asia dan Pasifik.

AirAsia X telah memesan pesawat tipe A330-200 versi untuk lepas landas dengan tambahan berat 238 ton, yang mampu terbang dari Kuala Lumpur sampai Eropa tanpa berhenti. Di dalam pesawat tersebut ada dua kelas penerbangan yang akan disediakan oleh AirAsia X untuk penumpangnya, yaitu 24 premium flatbed dan 264 kursi ekonomi.

Perjanjian penambahan pesawat ini ditandatangani oleh Chairman AirAsia X, Dato Kamarudin Meranun dan Executive Vice President, Sales dan Marketing Airbus, Dr. Kiran Rao, dan disaksikan oleh Yang Terhormat Datuk Seri Dr, Chua Soi Lek, Dato' Sri Dr. Tony Fernandes, pendiri AirAsia X dan CEO AirAsia X, Azran Osman-Rani. Acara penandatanganan ini berlangsung Senin (28/2/2011) di Westin, Kuala Lumpur dan dihadiri oleh para rekan bisnis AirAsia X dan media.

"Pemesanan ini merefleksikan harapan positif untuk penerbangan jarak jauh berbiaya hemat ke luar Asia dan investasinya yang senilai RM 1,5 miliar akan dapat memberikan kontribusi yang sangat signifikan terhadap target Program Transformasi Ekonomi (Economic Transformation Programme/ETP)," kata Chief Executive Officer AirAsia X, Azran Osman-Rani.

"Dengan penggunaan bahan bakar yang hemat, kabin lebih luas dan nyaman, A330-200 akan lebih meningkatkan efisiensi bahan bakar dan emisi karbon serta memperkuat posisi sebagai maskapai penerbangan berbiaya hemat terbaik di dunia," tambah Azran.

"Pemesanan terakhir dari AirAsia X makin mengukuhkan posisi A330 sebagai pesawat yang paling efisien di kelasnya saat ini," kata John Leahy, Chief Operating Officer Customers Airbus. Biaya operasi yang rendah dari A330, kemampuan tingkat dan kehandalannya yang telah terbukti, semakin jelas menyatakan bahwa A330 adalah yang terbaik untuk pasar penerbangan jarak jauh.

AirAsia merupakan grup maskapai penerbangan berbiaya hemat terbesar di wilayah Asia Pasifik dan menggunakan jenis pesawat Airbus untuk semua penerbangannya. Bersama, grup AirAsia kini telah memesan lebih dari 200 pesawat mulai dari Airbus, termasuk 175 pesawat tipe lorong tunggal (single aisle) A320, 28 pesawat tipe A330, dan 10 pesawat tipe A350 XWB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com