Jumat, 1 Agustus 2014

/ Travel

Kepiting Cak Gundul

Jumat, 4 Maret 2011 | 07:47 WIB

KOMPAS.com - Namanya Cak Gundul, lucu banget ya namanya, jadi inget lagu Gundul-Gundul Pacul he-he... Tapi yang satu ini bukan lagu, melainkan restoran seafood yang terletak di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara. Kepiting Cak Gundul sudah lumayan terkenal, tapi baru kali saya sempat mampir kesini. Buat para penggemar kepiting pasti sudah banyak yang tau tentang Cak Gundul ini. Nah bagi yang belum pernah mencobanya, silahkan datang ke sini.

Gampang kok mencari Kepiting Cak Gundul, dari lampu merah seberang mal Kelapa Gading  terus saja, sampai melewati Seafood 212 terus saja, nanti ada satu Ruko yang paling ramai dan penuh dengan kepulan asap, ya itulah Cak Gundul. Setiap kali saya melintasi Cak Gundul, tempat ini selalu ramai pengunjung, parkiran mobilnya saja sampai penuh.

Kepiting Cak Gundul aslinya berasal dari daerah Pasuruan, Jawa Timur dan sudah ada sejak tahun 1992, hhmm... sudah cukup lama juga ya. Kalau saya pergi ke Jawa Timur, rasanya harus nih nyamperin Kepiting Cak Gundul yang ada di Pasuruan. Tapi berhubung sekarang sedang berada di Jakarta, ya kita cobain saja dulu yang ada di Kelapa Gading.

Begitu saya masuk, wah penuhnya, kami pun kebagian tempat di lantai 2. Semua orang tampak sedang menikmati kepiting mereka. Jadi semakin tidak sabar untuk segera mencicipinya. Menu di Cak Gundul juga tidak banyak, dia memang fokus di kepiting. Kami pesan Kepiting Asam Manis dan Kepiting Goreng Bumbu. Sayang kepiting telurnya sudah habis, yang tersisa hanya kepiting Jantan. Padahal baru jam 8 malam, wow laris manis. Tidak apa-apa, sudah terlanjur jauh-jauh datang ke Gading .... kepiting jantan pun jadi he-he.. Kami lhiat orang-orang di sekeliling begitu lahap makannya, apalagi dengan sambalnya... waaa bikin saya ngiler, semoga pesanan kami tidak lama. O iya kami juga pesan Ikan Bawal Bakar dan Ca Kangkung.

Tidak lama kemudian pesanan kami pun datang, Kepitingnya besar-besar euyyy.... Mantappp. Rasa kepiting asam manisnya enak, bumbu asam manisnya mantap sekali. Kepiting goreng bumbu juga enak. Bumbunya memang benar-benar membuat daging kepitingnya terasa enak untuk dinikmati. Tidak heran orang-orang tergila-gila dengan kepiting cak Gundul. Tapi menurut saya yang membuat semuanya menjadi terasa mantap sekali adalah sambalnya, pedasnya Joss Gandoss!! Pedasnya bukan main, bikin kita makan terus menerus haha. Cobain deh teman-teman.

Terlampau asyik menikmati kepiting, saya sampai lupa dengan Ikan Bawal dan Cah Kangkungnya. Rasa ikan Bakarnya, hmm... cukup enak. Yang jelas sih sambalnya mantap abizzz. Kangkungnya juga enak. (Ita)


Editor : I Made Asdhiana
Sumber: