Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasi Uduk dan Ayam Goreng Ala Hj Ellya

Kompas.com - 08/03/2011, 08:13 WIB

KOMPAS.com - Nasi uduk kebon kacang memang sangat terkenal di Jakarta, apalagi yang di Jalan Kebon Kacang itu sendiri, sampai ada empat rumah makan nasi uduk di jalan kecil tersebut. Tapi kali ini kami mencoba Nasi Uduk Kebon Kacang yang tidak terletak di jalan tersebut, melainkan yang berada di daerah Pesanggrahan, Jakarta Barat. Namanya adalah  Kedai Ayam Goreng dan Nasi Uduk Kebon Kacang ”Hj. Ellya”.

Setiap kali saya melewati jalan pesanggrahan ini, pasti tempat ini selalu penuh oleh mobil-mobil, dan tampak rumah makan Hj. Ellya ini selalu penuh dengan pengunjung. Makanya dalam kesempatan kali ini saya sengaja datang bukan pada jam makan, supaya bisa dapat parkir dan tempat duduk he-he...

Sore itu kami datang sekitar pukul 4 sore dan ternyata lumayan ramai pengunjung juga lho, tampak ada dua keluarga dan dua pasang muda-muda yang sedang asyik menikmati nasi uduk. Tumpukan ayam, udang, tahu, dan lauk yang lainnya disajikan di sebuah display kaca yang diletakkan di samping. Kemudian ada juga otak-otak, dan asinan.

Tempat makannya sendiri cukup besar dan meja kursinya juga cukup banyak.  Begitu duduk kami langsung disuguhi menu, tentu saja kami memesan ayam goreng. Dan belum lengkap rasanya kalau tidak dibarengi dengan tahu goreng dan udang goreng. Lho terus bagaimana dengan nasi uduknya...?

Jangan khawatir he-he... karena nasi uduknya baru akan disajikan hampir berbarengan dengan ayam gorengnya, supaya nasinya tetap hangat ujar si mas yang melayani meja kami. Wow, asyikkk... karena saya suka dengan nasi yang hangat, karena kebanyakan penjual nasi uduk menyajikan nasinya sudah tidak hangat lagi. Padahal menurut saya, nasi uduk lebih enak disajikan dalam keadaan hangat supaya lebih terasa wangi, pulen dan terasa gurihnya.

Tidak lama kemudian, sekumpulan nasi uduk yang dibungkus daun pisang disajikan di meja kami, tak lupa juga bumbu kacangnya yang ditempatkan di sebuah piring kecil. Baru deh menyusul si ayam, udang dan tahu gorengnya. Looks so delicious he-he-he...  Pertama-tama saya campurkan sambal terasi ke bumbu kacang tadi, supaya rasanya lebih mantap. Saya coba ya....

Nasi uduknya benar-benar enak, pulen, wangi, dan gurihnya sangat terasa. Mantap nih nasi uduknya. Rasa ayam gorengnya juga enak, gurih, karena bumbunya meresap sampai kedalamnya. Nah yang suka dari ayam di nasi uduk Hj. Ellya  adalah ayamnya yang berukuran kecil, jadi rasa dagingnya lebih gurih daripada ayam yang berukuran besar. Sekarang kita cocol di sambal tadi... yummy, jadi lebih enak lagi. Sambal terasinya beda dari yang lain, I like it!!

Nasi Uduk adalah makanan khas Indonesia yang harus terus dilestarikan, itulah yang dilakukan oleh Hj. Ellya, melestarikan resep warisan masakan Ayam Goreng & Nasi Uduk Kebon Kacang. Makanya, teman-teman harus mencoba nasi uduk dan ayam goreng yang satu ini karena rasanya benar-benar mantap. (Ita)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com