Minggu, 23 November 2014

/ Travel

Ayam Penyet Bu Kris, Pedasnya Mantap!

Rabu, 9 Maret 2011 | 08:12 WIB

KOMPAS.com - Hari minggu adalah jadwal kami berwisata kuliner, salah satu tempat makan yang ada di dalam daftar kami adalah Warung Bu Kris Spesial Penyet. Dengar nama penyet, yang terbayang dalam benak saya adalah rasa pedas, nyam-nyam he-he-he... Tadinya kami mau makan yang di Jalan Fatmawati, Jakarta Selatan, tapi karena jalanan macet makan kami berubah haluan ke cabang Bu Kris yang ada di daerah Pluit, Jakarta Utara.

Tidak sulit untuk menemukan Warung Bu Kris, karena berada di jalan raya, lebih tepatnya di Jl Pluit Permai Raya. Tempatnya lumayan besar, dan meskipun namanya berembel-embel warung, tapi bukan warung seperti yang anda bayangkan. Warung Bu Kris lebih tepatnya berbentuk Rumah Makan yang ber-AC, jadi Anda akan tidak akan kepanasan.

Dan begitu kami duduk, ternyata ada saudara-saudara sepupu kami yang juga yang baru saja datang. Wah kebetulan, jadilah kami makan beramai-ramai. Semua pesan ayam penyet, tentu saja karena menu ayam penyet lah yang paling terkenal di warung Bu Kris. Kami juga pesan sayur asem, bakso/bakwan penyet, dan tahu penyet. Anda juga bisa meminta sambalnya sedang atau pedas, jadi jangan khawatir bakal kepedesan.

Warung Bu Kris ini ternyata sudah banyak sekali cabangnya, salah satunya ya yang ada di Pluit ini. Ada juga di Kota Surabaya, Pandaan, Sidoarjo, Malang. Di Jakarta sendiri juga masih ada beberapa cabang, seperti di Jalan Fatmawati.

Pesanan kami akhirnya datang, ayam goreng yang disajikan di atas cobek tanah liat yang bersambal. Wuihhh....mantap banget kelihatannya. Langsung saja kami coba, pastinya disantap dengan nasi hangat. Rasa daging ayam gorengnya enak, apalagi ditambah dengan sambal penyetnya yang pedas itu, Mantap deh. Sambalnya memang benar-benar pedas, saya sampai harus minum berulang-ulang.

Rasa sayur asemnya juga enak lho, begitu pula dengan bakso/bakwan penyetnya. Biasanya kita memakan bakso dengan kuah, tapi kali ini dengan sambal penyet. Baksonya digoreng terlebih dahulu supaya lebih kering, baru deh disajikan dengan sambal penyetnya. Tahu gorengnya pun disajikan di atas cobek bersambal. Everything about sambal penyet he-he-he...

So, siap-siap berpedas ria di Warung Bu Kris Spesial Penyet, mantap pedasnya! (Ita)


Editor : I Made Asdhiana
Sumber: