Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soto Padang Mangkuto Tiada Duanya

Kompas.com - 22/03/2011, 09:12 WIB

KOMPAS.com - Kali ini kami mencari soto yang katanya salah satu warisan kuliner Indonesia yang tiada duanya, yaitu Soto Padang, yang tentunya makanan khas kota Padang, Sumatra Barat. Tapi yang ini bukan soto padang biasa, menurut teman saya ini adalah soto padang terenak yang pernah dia coba, namanya adalah Soto Padang Mangkuto. Hmm jadi pengen tau seperti apakah rasanya. Makanya Sabtu siang kemarin saya pergi ke Soto Padang Mangkuto tersebut.

Lokasinya sangat mudah dicari, di Jalan Pintu Air no 26, Pasar Baru, Jakarta Pusat, tapi memang plang namanya sangat kecil sekali jadi tidak terlalu kelihatan. Rumah makannya berwarna coklat muda, dan persis berada di sebelah money changer. Sedikit perjuangan memang untuk parkir di daerah ini, tapi demi soto padang yang terenak ini, kami rela deh parkir di seberangnya.

Begitu masuk, aroma soto nya sudah tercium. Waduh... ramai sekali, dari anak kecil sampai kakek nenek tampak semangat menyeruput sotonya. Untung saja ada orang baru selesai makan, jadi kami bisa langsung dapat tempat duduk. Kami pesan dua porsi soto padang.  Selama kami menunggu, kami nyemil kerupuk merah yang disajikan di meja. Enak tenan, tidak terlalu berminyak dan sangat renyah. Kerupuk paru dan kerupuk kulit juga ada. Kemudian disini juga ada jajanan pasar yang bernama Kue Bugis, kue yang dibungkus dengan daun pisang dan rasanya ... yummy, kenyal-kenyal dan berisi parutan kelapa yang manis legit. Enak banget kue bugisnya.

Soto Padangnya datang juga, he-he-he... mangkoknya ternyata kecil sekali. Warna kuahnya coklat bening dan berisi soun, daging sapi yang digoreng kering, perkedel kentang, dan daun bawang. Sluuurrrpp.... wahh enak sekali kuahnya, padahal ini belum saya tambahkan sambal lho. Saya ambil sambalnya yang khas padang itu, saya aduk-aduk dan langsung warnanya berubah menjadi sedikit kemerahan. ... slurrppp... rasanya jadi lebih enak lagi. Daging sapinya terasa sangat cruncy, dan tidak keras. Benar-benar beda dengan soto padang yang lain. Anda harus cobain soto yang satu ini, bener-bener recommended!

Soto Mangkuto berdiri sejak tahun 1966, dan kabarnya sekarang sudah generasi ketiga. Hebat ya meskipun udah generasi ketiga tapi masih bisa menjaga rasanya tetap enak. Pantas saja mereka disebut sebagai salah satu legenda wisata kuliner Jakarta. Saat ini mereka juga sudah mempunyai cabang di depan gerbang kampus Uhamka, Kebayoran Baru.

Cobain ya temen-temen, ini bener-bener enak sekali. Nggak akan menyesal makan disini, kami saja ingin makan disana lagi besok he-he-he... (Ita)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com