Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Magnitud 7,0 Guncang Ladang Opium

Kompas.com - 24/03/2011, 22:23 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com — Dua gempa bermagnitud 7,0 mengguncang Thailand bagian utara, Kamis (24/3/2011) malam. Getaran gempa dilaporkan terasa di Bangkok, Myanmar, hingga Hanoi.

Warga yang tengah berada di gedung-gedung tinggi dilaporkan langsung dievakuasi ke tempat yang aman. Namun, sejauh ini belum ada laporan adanya kerusakan atau korban akibat getaran gempa tersebut.

Pusat gempa berada dekat Chiang Rae, di perbatasan Thailand dengan Myanmar dan Laos yang sering disebut daerah Segitiga Emas. Daerah perbukitan tersebut dikenal sebagai salah satu pusat ladang opium.

United States Geological Survey (USGS) mencatat, gempa pertama terjadi pada pukul 20.55 WIB dengan pusat gempa 772 km utara kota Bangkok. Gempa kedua terjadi beberapa detik kemudian dengan pusat di koordinat yang sama. Pusat gempa pertama di kedalaman 10 km, sedangkan gempa kedua di kedalaman 225 km.

Awalnya USGS, seperti dilansir Reuters, melaporkan bahwa kedua gempa bermagnitud 7,0. Namun, tak lama kemudian, kekuatan gempa dikoreksi menjadi 6,8 dan hanya dicatat satu gempa. Tak lama kemudian terjadi gempa susulan dengan pusat yang sama bermagnitud 4,8 pada pukul 21.23 WIB.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com