Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Segarnya Soto Ikan Gurame

Kompas.com - 26/03/2011, 07:36 WIB

Oleh: Budi Suwarna

Jam makan siang telah tiba. Sekitar 50 orang datang hampir bersamaan ke Warung Ciriung Indah, Cibinong, Jawa Barat. Apa yang mereka incar? Semangkuk soto ikan gurame nan gurih dan segar.

Lia (30), karyawan sebuah perusahaan ban, ada di antara pengunjung warung yang terletak di Jalan Mayor Oking Nomor 123, Cibinong, Bogor, itu. Dia datang bersama tujuh temannya khusus untuk menyantap soto ikan gurame.

Mereka menunggu sekitar 30 menit sebelum pesanan soto ikan datang. Selama menunggu, salah seorang di antara mereka, yang tampak sudah tidak sabar, melongok ke dapur warung. ”Waduh, kok lama ya,” katanya.

Ketika soto ikan itu datang, wajah mereka langsung berseri-seri. Mereka hirup aroma soto berwarna kuning yang harum rempah itu dalam-dalam. Selanjutnya, mereka menyantap dua mangkuk besar soto ikan itu bersama-sama hingga tandas.

”Kami biasanya datang tiga kali seminggu. Soto ikan dan gurame bumbu rujak di sini bikin kami kangen,” ujar Lia, Selasa (1/3/2011) lalu.

Soto ikan gurame menjadi salah satu menu primadona di warung yang terletak sekitar tiga kilometer dari pintu tol Citeureup itu. Rasanya amat segar. Jejak gurih daging gurame, rasa asam, pedas, dan asin kuahnya seolah tertinggal di lidah meski masakan itu telah berpindah ke perut. Seusai menyantap soto ikan, keringat pun bisa langsung bercucuran.

Soto ikan dimasak secara mendadak begitu ada pesanan. Ikan gurame yang digunakan masih segar karena diambil dalam keadaan hidup dari kolam penampungan ikan di belakang dapur. Bumbunya terdiri dari cabai, bawang, serai, kunyit, jahe, dan belimbing wuluh. Harga per mangkuk soto dihitung berdasarkan berat ikan gurame. Satu ons ikan dipatok Rp 8.000. Satu porsi rata-rata 8 ons dan bisa dimakan 3-4 orang.

Menu favorit lain di warung tersebut adalah sop buntut sapi. Pembeli bisa memesan sop buntut sapi goreng atau bakar yang diolah dengan bumbu yang rasanya seperti saus sate. Daging sapi sangat empuk karena dimasak dengan api kecil dalam waktu berjam-jam. Saking empuknya, kita bisa meloloskan daging dari tulang buntut dengan mudah. Satu porsi sop buntut biasa dibandrol Rp 27.500, sop buntut goreng atau bakar Rp 32.500.

Warung lama

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com