Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ayo Jelajahi Pulau Onrust!

Kompas.com - 03/04/2011, 09:03 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pulau Onrust, sebuah pulau kecil di Kepulauan Seribu, Jakarta. Pulau ini menyimpan banyak kisah sejarah masa kolonial Belanda.

Karena itu, cocoklah jika pulau ini menjadi tempat untuk berwisata sejarah. Jika Anda berminat tur sejarah di pulau Onrust, Anda bisa ikut program "Mengarungi Sejarah melacak Jejak Kolonial di Teluk Jakarta" yang diselenggarakan Komunitas Historia Indonesia (KHI).

Nantinya, di Pulau Onrust peserta akan menelusuri gedung-gedung tua dan dermaga VOC. Selain itu, peserta juga akan melihat jejak benteng, ruang bawah tanah (reservoir), dan fondasi kincir angin.

Penelusuran tidak hanya ke Pulau Onrust, tapi juga Pulau Kelor dan Pulau Kahyangan/Cipir. Di Pulau Kelor terdapat Benteng Martello dan jejak kuburan Belanda. Sementara di Pulau Kahyangan/Cipir terdapat reruntuhan rumah sakit karantina haji dan penyakit menular.

Ada dua pilihan tanggal yang bisa diikuti peserta, yaitu tanggal 9 atau 10 April 2011. Menurut Asep Kambali pendiri KHI, animo peserta sangat tinggi. Sehingga untuk tanggal 9 April 2011 sudah penuh. Jadi jika Anda berminat ikut, tanggal yang tersedia adalah 10 April 2011.

"Kami sudah melakukan trip ini sembilan kali. Tapi, tahun lalu gak ada. Makanya yang saat ini ramai," kata Asep, Sabtu (2/4/2011). Peserta cukup membayar Rp 125 ribu. Pendaftaran peserta selambatnya tanggal 6 April 2011 melalui SMS 0818.0801.5631.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com