Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepiting Saos Padang Pak Moel, Mantap!

Kompas.com - 04/04/2011, 08:45 WIB

KOMPAS.com - Datang ke Kota Udang belum komplit rasanya kalau belum makan seafood. Cirebon, kota yang terletak di pinggir laut ini memang memiliki banyak makanan laut segar yang disuplai dari daerah pesisir sekitar Cirebon, seperti Gebang dan Losari. Kali ini tim Doyan Makan ingin menceritakan soal rumah makan seafood yang sangat terkenal di Cirebon yaitu Seafood H Moel yang ada di Jalan Kalibaru Selatan. Seafood H Moel ini sudah lama sekali ada di Cirebon, bahkan sekarang sudah ada 3 tempat. Dua diantaranya terletak di Jalan Kalibaru Selatan dan cabang yang terbaru adalah di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo.

Biasanya tempat ini akan ramai sekali saat jam makan malam tiba, makanya saya dan keluarga datang lebih awal sekitar jam 18.30 supaya kebagian tempat duduk dan tidak menunggu lama he-he... Sewaktu kami datang saja sudah ada sekitar 5 meja yang terisi, kebanyakan yang datang kesini adalah keluarga. Yup, seafood memang makanan yang lezat untuk di santap buat segala usia.

Malam itu pelayannya dengan ramah menawarkan menu-menu spesial mereka, dan akhirnya  kami memutuskan untuk memesan  Brokoli Ca Polos, Udang Bakar, Kepiting Telor Saos Padang, Ikan Bawal Bakar, Juice Sirsak, dan Jeruk Nipis Hangat. Saya pun sempat melihat-lihat ke dapurnya untuk melihat proses memasaknya, dapurnya memang sengaja diletakkan di depan dan berdinding kaca, jadi kita bisa sambil menyaksikan para juru masaknya mengolah kepiting dan teman-temannya itu.

Menu yang pertama dihantarkan adalah Udang Bakar, Brokoli, dan Ikan Bawalnya. Wah wah.... mantap sekali. Saya segera mengambil nasi dari bakul kecil dan sepotong udang bakar yang segar itu. Tentu saja tidak lupa sambal terasinya. Yummy sekali udangnya, manis dan segar. Seporsinya berisi sekitar 8-10 potong udang berukuran sedang. Mantap euuy porsinya, dan seporsi udang bakar yang sebanyak itu dibandrol sekitar Rp 65.000. Brokoli Polosnya juga enak, yang jelas sangat menyehatkan untuk menyantap sayur brokoli.

Berikutnya yang saya cicipi adalah Ikan Bawal yang dibakar, dagingnya tebal dan empuk.  Dan sangat enak sekali ketika saya campurkan sambal kecap ke atas daging ikannya. Lezat euy ikan bawal bakarnya.

Yang saya tunggu-tunggu pun datang, favorit saya yaitu Kepiting Telur Saos Padang. Seporsi berisi dua ekor kepiting berukuran sedang, Nyam nyam... Saos Padangnya mantap sekali pedasnya, merasuk ke daging kepitingnya yang sudah digoreng terlebih dahulu. Nendang abis rasanya.

Anda harus mencoba kepiting saos padang ala Seafood Moel, beda dari yang lain rasanya. Dan tidak terasa dua ekor kepiting ini sudah habis di santap oleh kami sekeluarga, meskipun sedikit kepedasan tapi kami puas sekali. Untuk seporsi kepiting saos padang yang berisi dua ekor ini juga tidak terlalu mahal, hanya sekitar Rp 90.000 saja, apalagi untuk rasa yang senendang itu.

Jadi  kalau datang ke Cirebon, tidak perlu bingung lagi untuk mencari rumah makan seafood yang enak, mampir saja ke H Moel Seafood. Dan jangan lupa cobain Kepiting Saos Padangnya. (Ita)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com