Rabu, 1 Oktober 2014

/ Travel

Ayam Pedas Saung Kabayan, Mantap!

Kamis, 7 April 2011 | 08:26 WIB

KOMPAS.com — Yahh, berakhir deh liburan di Bandung kali ini, padahal saya masih ingin jalan-jalan di Bandung. Wisata kuliner di Kota Kembang memang sangat menyenangkan. Saya suka sekali dengan makanan di kota ini, dari makanan tradisional sampai makanan ala kafe. Semuanya sangat saya nikmati karena menurut saya setiap kota memiliki keunikannya tersendiri. Dan, Bandung adalah salah satu kota favorit saya. Nah, dalam perjalanan kembali ke Jakarta, kami mampir dulu untuk makan siang di rumah makan favorit keluarga saya kalau sedang bertandang ke sini, yaitu Saung Kabayan yang berada di jalan Terusan Pasteur.

Saung Kabayan adalah rumah makan tradisional masakan khas Sunda yang sudah cukup lama berdiri. Sewaktu saya kuliah di sini tahun 1998 saja Saung Kabayan sudah ada dan bertahan sampai sekarang. Tidak heran, karena rasa masakan di sini memang enak sekali. Tempatnya lumayan besar dan sangat khas Sunda, banyak menggunakan bambu sebagai desain interiornya. Begitu datang, kami pun memilih duduk di teras luar. Dan kami memilih menu andalan mereka, Ayam Pedas Sambal Bajak, Gepuk Kabayan, Udang Special Kabayan, Tahu Pepes, dan Sambal Mangga.

Sembari menunggu makanan kami datang, saya menikmati jeruk nipis hangat. Menu yang pertama datang adalah nasi, gepuk, pepes tahu, udang, dan sambal mangganya. Nah, gepuk disini enak banget, lho, seratnya lembut, empuk, manis, dan gurihnya pas banget. Bahkan dulu saya sering membeli mentahnya untuk ibu saya. Sekarang kita cobain Udang Spesial Kabayan, 6 udang berukuran sedang disajikan dengan piring hotplate dan berbumbu rujak, yummy..., enak banget bumbunya, udangnya pun terasa sangat segar. Perpaduan yang sangat enak, pedas bumbu rujaknya cocok banget untuk udangnya. Pepes tahunya juga lumayan enak, cobain deh makan dengan sambal mangganya yang segar pedas itu, dijamin jadi tambah nikmat.

Nah, ini dia menu yang saya tunggu-tunggu dari tadi, Ayam Pedas Sambal Bajak. Ayam yang sudah di potong-potong dimasak pedas sambal bajak, duhhh.. aromanya nikmat sekali. Saya cicipi sambalnya saja sudah enak sekali, gimana dengan ayamnya, ya?

Ternyata bumbunya meresap sampai ke dalam daging ayamnya, dagingnya juga empuk. Enak banget, deh, yang ini, rasa pedasnya juara banget. Anda harus coba menu yang satu ini kalau bertandang ke Saung Kabayan. Makan siang kali ini saya puas sekali, rasa pedas sambal bajaknya joss gandos euy. Pokoknya mantep pisan makan di Saung Kabayan. Sukses terus Saung Kabayan. (Ita)


Editor : I Made Asdhiana
Sumber: